Nutrilon Royal Ajak Orang Tua Kembangkan Karakter Tangguh Lewat Kegiatan Bermakna

Surabaya (wartasas.com) – Di zaman yang semakin kompetitif ini, penting bagi orangtua untuk mempersiapkan si kecil agar tangguh dalam menghadapi masa depan. Memahami hal tersebut, Nutricia melalui Nutrilon Royal menghadirkan Raise Them Ready Roadshow sebagai ajang berbagi inspirasi dan edukasi.

Melalui talkshow dan family date bersama dokter anak dan psikolog, yang digelar pada Minggu, 14 Juli 2019 membahas pentingnya asupan nutrisi, stimulasi, dan pemberian kegiatan bermakna (purposeful exposure) agar si Kecil tumbuh menjadi karakter yang tangguh dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Jeannette Giovani selaku Brand Manager Nutrilon Royal mengatakan bahwa, dengan cepatnya perkembangan dunia saat ini, ketangguhan si Kecil tidak hanya bergantung dari fisik saja, tetapi juga dibutuhkan stimulasi tepat dan pengembangan karakter yang kuat.

“Nutrilon Royal percaya bahwa proses belajar yang paling efektif adalah dengan praktek langsung, maka Raise Them Ready Roadshow kali ini kami hadirkan di Surabaya sehingga para orangtua bisa langsung belajar dari ahlinya,” kata Jeannette dalam sambutannya, Minggu, (14/07/19).

“Mereka juga dapat ikut serta dalam rangkaian aktivitas orangtua dan anak untuk mengasah karakter tangguh si Kecil, belajar bagaimana mendampingi anak menjadi gigih dengan siap jatuh dan bangun lagi, menjadi berani dengan menghadapi ketakutannya, dan belajar menghadapi situasi asing,” tambahnya.

Melalui kegiatan edukasi Resilience Talkshow bersama dokter spesialis anak dan psikolog dan Purposeful Family Date bersama RockStarGym dan Rumah Dandelion, para orangtua diharapkan dapat mengenal anak mereka dengan lebih baik sekaligus mendapatkan inspirasi bagaimana cara yang paling tepat dalam membimbing tumbuh kembang anak.

Hal ini juga disampaikan oleh dr. Mira Irmawati, Sp.A selaku Dokter Spesialis Anak bahwa banyak faktor penting yang berperan dalam perkembangan seorang anak. Genetik, nutrisi, lingkungan—termasuk stimulasi, adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh orangtua.

“Stimulasi ini sangat penting karena mendukung perkembangan anak untuk memastikan kematangan fungsi tubuhnya seperti motorik halus, motorik kasar, bahasa, sosial & kemandirian, fisik, kreativitas, hingga kognitif,” terang Mira.

Masih menurut Mira, perlu diperhatikan bahwa stimulasi melibatkan multi-sensorik dan besar kemungkinan si Kecil akan terpapar kuman dan benda asing lainnya. Maka dari itu, pemberian kegiatan bermakna perlu diikuti oleh daya tahan tubuh yang kuat dan kemampuan berpikir yang baik agar mereka dapat siap mengeksplorasi lingkungan dan mempelajari berbagai hal baru. Sistem daya tahan tubuh yang baik ini dapat dibangun sejak awal melalui pemenuhan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya.

Hal ini dibenarkan olehAjeng Raviando, Psi. , M.Si  selaku Psikolog Anak & Keluarga, yang menekankan pentingnya penanaman karakter sejak dini. Karakter yang tangguh sejak usia dini akan mempersiapkan si Kecil dalam menghadapi perubahan dan situasi tertentu dalam hidup seperti kegagalan, stress, tantangan, lingkungan baru, yang tentunya akan memberikan pengalaman hidup bermakna bagi mereka.

Pengembangan karakter tangguh dapat dilakukan melalui pemberian stimulasi melalui pengalaman baru atau kegiatan bermakna bagi anak, dengan harapan akan terjadi transformasi yang terukur dalam diri anak. Misalnya setelah melakukan permainan flying fox anak terlihat bersemangat dan lebih berani untuk mencoba permainan lainnya tanpa perlu didorong oleh orangtua.

Surabaya terpilih menjadi kota ke-duadi mana Nutrilon Royal melanjutkan rangkaian acara dalam Raise Them Ready Roadshow yang sebelumnya telah diadakan di Jakarta pada tanggal 28 April lalu. Sebagai kota yang meraih penghargaan Kota Layak Anak 2018untuk kategori utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, diharapkan kegiatan Resilience Talkshow dan Purposeful Family Date ini dapat menginspirasi keluarga Surabaya untuk semakin mendorong anak mereka menjadi pribadi yang tangguh dan berprestasi. (Tls)