Wujudkan Zero Accident, Polrestabes Bersama Dishub Surabaya Gelar Ramp Check

Surabaya (wartasas.com) – Tekan tingginya angka kecelakaan saat mudik lebaran akibat kelalaian para pengemudi, Polrestabes Surabaya bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Surabaya laksanakan Ramp Check atau cek kesiapan Mudik Lebaran 2019.

Ramp Check 2019 yang dilakukan pada Selasa, 21 Mei 2019 di Terminal Osowilangun Surabaya, petugas melakukan pengecekan kesiapan moda transportasi umum bus dan pengecekan tes Urine terhadap para pengemudi bus.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho menyampaikan bahwa, kegiatan Ramp Check ini merupakan salah satu langkah prioritas Polrestabes Surabaya dan Dishub Kota Surabaya guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penumpang selama arus mudik Lebaran 2019.

“Melalui pengecekan tes urine dan kelayakan kendaraan ini kami berharap Mudik Lebaran 2019 dapat berjalan lancar dan zero accident. Oleh karena itu, kami memeriksa kesehatan sang sopir bus dan melakukan tes urine untuk memastikan mereka bersih dari narkoba,” ucap Pol Sandi usai melakukan sidak di Terminal Osowilangun, Selasa, (21/05/19).

“Dengan supir yang siap dan kendaraan yang layak jalan, penumpangpun akan merasa tenang, aman dan nyaman hingga sampai tujuan,” sambungnya.

Dari pemeriksaan gabungan tersebut, setelah dilakukan pengecekan puluhan armada pihak dishub tidak menemukan bus yang tidak layak operasi. Hal serupapun, saat dilakukan test urine terhadap para supir bus pihak kepolisian menyatakan negatif menggunakan narkoba.

“Namun, apabila  petugas menemukan pelanggaran maka sanksinya adalah penilangan dan tidak boleh beroperasi,” tegasnya.

Kapolrestabes Surabaya juga menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran untuk lebih hati hati dan waspada selama perjalanan. Diharapkan, tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan agar tidak memancing orang untuk berbuat jahat.

“Terutama bagi para pengemudi kendaraan umum maupun bus agar menaati rambu rambu lalu lintas. Dan, lebih mendahulukan keselamatan para penumpang,” ungkapnya. (Tls)