Pangkoarmada II : Halal Bihalal Moment Tepat Mempererat Tali Silaturahmi dan Saling Memaafkan

Surabaya (wartasas.com) – Ibadah puasa ramadhan 1439 H yang telah dilaksanakan hendaknya dapat mengambil hikmah, untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kedinasan maupun di lingkungan masyarkat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., saat memimpin pelaksanaan apel khusus dilanjutkan dengan Halal Bihalal seluruh Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Mako Koarmada II, pada Kamis, 22 Juni 2018 di Dermaga Madura Koarmada II.

Dalam amanatnya, Pangkoarmada II menyampaikan bahwa, meskipun dalam hidup keseharian di dinas tertata dalam sistem dan lingkungan kehidupan kemiliteran yang secara formal menerapkan Reward and Punishment, namun semua tetaplah sebagai insan hamba Tuhan yang memiliki keterbatasan, sesuai kodratnya tidak terlepas dari dosa dan kesalahan.

“Dari perspektif dosa, pada hakekatnya menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan, sehingga ibadah puasa Ramadhan yang penuh rahmat dan ampunan menjadi sarana untuk membersihkan dosa-dosa itu,” ucap Pangkoarmada II yang akrab disapa Didik dalam sambutannya, Kamis, (22/06/18).

“Sedangkan, dari perspektif kesalahan, pada hakekatnya menyangkut hubungan antar manusia, sehingga acara halal bihalal ini merupakan sarana yang tepat untuk saling memaafkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Laksda TNI Didik Setiyono juga mengatakan kebiasan baik yang sudah dijalankan selama bulan ramadhan harus tetap dipertahankan dan dijadikan pendorong keberhasilan dalam melaksanakan tugas.

“Halal Bihalal, merupakan ajang silaturahmi sekaligus momen untuk kita saling memaafkan. Seluruh Prajurit dan ASN Mako Koarmada II hendaknya dapat memperoleh manfaat yang besar, baik dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa maupun dalam rangka memantapkan jalinan silaturahmi dan kekeluargaan di dalam kehidupan kedinasan maupun kehidupan sosial kemasyarakatan,” terangnya.

Selain itu, Pangkoarmada II menekankan kepada seluruh Prajurit dan ASN Mako Koarmada II untuk selalu mempertahankan dan meningkatkan kedisiplinan, serta sebisa mungkin menghindari tindakan pelanggaran-pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri dan berdampak buruk pada Organisasi TNI Angkatan Laut khususnya Koarmada II. (Tls)