Kasal Sambut Kedatangan Kapal Selam Ardadedali-404 Milik TNI AL

Surabaya (wartasas.com) – Pengadaan alutsista normal dalam TNI AL. Karena, ini merupakan program strategis TNI AL jangka panjang, sebagai wujud peremajaan alutsista guna mengganti alutsista  yang berumur diatas 25 sampai dengan 30 tahun.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.AP., saat menyambut kedatangan KRI Ardadedali-404 pada Kamis, 17 Mei 2018 di dermaga Kapal selam Koarmada II Ujung Surabaya.

Tampak turut hadir dalam acara penyambutan, Pangarmada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. dan Danlantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H. serta Dubes Korea Selatan Mr. Kim Chang Beom.

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa, kedatangan KRI Ardadedali-404 merupakan pengganti Alutsista yang berumur diatas 25 tahun. Salh satunya seperti Kapal selam Cakra dan Nanggala dibuat tahun 1980.

“KRI Ardadedali – 404 merupakan kapal selam type 209/400 DSME yang diproduksi oleh Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan yang dilengkapi dengan Latest Combat System, Enhanced Operating System, Non-hull Penetrating Mast and Comfortable Accomodation, dan merupakan kapal penyempurnaan dari pendahulunya KRI Nagapasa – 403,” ucap Kasal dalam sambutannya, Kamis, (17/05/18).

Kepada seluruh pengawak KRI Ardadedali – 404, Kasal berpesan untuk menjaga dan merawat Alutsista terbaru yang dimiliki TNI Angkatan Laut ini, agar selalu siap untuk melaksanakan operasi.

Dengan bergabungnya KRI Ardadedali-404 di jajaran Alutsista TNI AL diharapkan akan mampu mendukung lebih terciptanya stabilitas keamanan kawasan dan mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Kasal kepada Komandan dan anggota KRI Ardadedali-404 yang telah membawa Kapal selam KRI Ardadedali-404 dan tiba selamat di Indonesia.

“Terima kasih saya sampaikan kepada Komandan KRI Ardadedali-404 Letkol Laut (P) Widya Poerwandanu dan segenap anggota KRI Ardadedali-404 yang telah membawa Kapal selam KRI Ardadedali-404 dan tiba selamat di Indonesia. Kapal selam KRI Ardadedali-404 resmi memperkuat TNI Angkatan Laut (AL),” terang Kasal.

Alat utama sistem senjataan (alutsista) itu sudah di Dermaga Kapal Selam Koarmada II Ujung Surabaya setelah melakukan pelayaran dari Galangan Kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), Okpo, Korea Selatan.

Masuknya KRI Ardadedali–404 ke jajaran TNI AL sesuai dengan rencana minimum essential force TNI yang telah ditetapkan dari tiga kapal selam yang dipesan pemerintah Indonesia dari pemerintah Korea mampu mendukung terciptanya stabilitas keamanan kawasan. Indonesia sebagai poros maritim dunia pun diharap terwujud.

Pemberian nama itu dengan harapan kapal selam itu mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebaik mungkin. Alutsista ini harus menjadi senjata andalan yang tidak pernah terkalahkan di setiap peperangan. (Tls)