Melalui “AKSI GAUL REK” OJK Berharap Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah Meningkat

Surabaya (wartasas.com) – Tingkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan syariah serta meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan syariah, Otoritas Jasa Keuangan Regional 4 Jawa Timur (OJK KR4) ajak pelajar ikuti kegiatan “AKSI GAUL REK”.

AKSI GAUL REK adalah Akses Keuangan Syariah Melalui Gerakana Menabung Milenial dan Program Edukasi Keuangan Syariah. Dimana, kegiatan ini merupakan wujud komitmen OJK KR4 dalam rangka mendorong pertumbuhan keuangan syariah di daerah.

Kegiatan AKSI GAUL REK yang diselenggarakan pada Kamis, 23 Mei 2019 di Hotel JW Marriott Surabaya, dihadiri oleh 250 (dua ratus lima puluh) peserta yang terdiri dari pelajar SLTA dan pegiat keuangan syariah di Jawa Timur.

Heru Cahyono Kepala OJK KR4 mengatakan bahwa, OJK Kantor Regional 4 Jawa Timur bersama pegiat keuangan syariah di Jawa Timur terus berupaya mengambil inisiatif dan berperan aktif dalam menggagas berbagai macam program untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di Jawa Timur,

“Salah satunya adalah melalui penerbitan buku edukasi keuangan syariah yaitu Buku Gaul Keuangan Syariah,” kata Heru usai luncurkan Buku Gaul Keuangan Syariah di JW Marriott Surabaya, Kamis, (23/05/19).

kegiatan AKSI GAUL REK yang mengusung tema “Mewujudkan Generasi Milenial Modern Yang Cerdas Mengelola Keuangan Berdasarkan Prinsip Syariah” juga memiliki beragam rangkaian kegiatan, yaitu talkshow Halal Lifestyle bagi milenial, peluncuran tabungan berencana gerakan menabung milenial yang disingkat dengan nama Tabungan Gaul iB, peluncuran platform e-learning keuangan syariah dengan sebutan Sharia-X, pemberian bantuan pendidikan dari 7 BPR Syariah di Jawa Timur kepada pelajar berprestasi serta pemberian penghargaan kepada Pendamping Program Akses Keuangan Syariah Untuk Masyarakat Mandiri berbasis Masjid (AKSI UMMAD).

Dijelaskan juga, bahwa Tabungan Gaul iB yang digagas oleh Kantor OJK Regional 4 Jawa Timur dan dikembangkan bersama dengan ASBISINDO Kompartemen BPRS Jawa Timur, merupakan produk simpanan berencana yang akan dipasarkan oleh 15 BPRS di Jawa Timur untuk segmen milenial, khususnya pelajar SLTA dan mahasiswa.

Selanjutnya, Sharia-X yang diinisiasi dan dikembangan oleh Kantor OJK Regional 4 Jawa Timur bersama dengan MES Jawa Timur dan Departemen Ekonomi Syariah Universitas Airlangga merupakan platform yang berisi materi pembelajaran seputar ekonomi dan keuangan syariah yang dapat diakses melalui gawai oleh masyarakat umum.

“Melalui platform ini, generasi milenial dapat dengan mudah memahami pengetahuan tentang keuangan syariah tanpa harus mengikuti proses pembelajaran secara formal,” terangnya.

Melalui rangkaian kegiatan AKSI GAUL REK ini, OJK berharap literasi dan inklusi keuangan syariah dapat meningkat sejalan dengan peningkatan pangsa pasar keuangan syariah di Jawa Timur. (Tls)