Lewat Program CSR, Pertamina Lubricants Terus Dukung Kreatifitas Generasi Bangsa

Cilacap (wartasas.com) – Sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Lubricants (PTPL) yang bergerak di sektor pelumasan, terus memberikan dukungan demi kemajuan kreatifitas generasi bangsa dalam mewujudkan cita cita.

Hal ini pula yang dilakukan oleh PT Pertamina Lubricants (PTPL) Cilacap, Jawa Tengah dalam menjalankan tanggungjawab sosial perusahaan kepada masyarakat melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Cilacap Jawa Tengah, Pertamina Lubricants melakukan evolusi program CSR melalui program Enduro Student Program (ESP) untuk kemandirian ekonomi masyarakat.

Dalam kesempatan Media Visit PT Pertamina Lubricants Production Unit Cilacap bertema “ Unlocking Full Potential CSV 2019” pada Senin, 15 Juli 2019 di BLK Cilacap, Pertamina Lubricants Cilacap menunjukkan keberhasilan program evolusi CSR dari Charity menjadi CSV. 

Dijelaskan, bahwa, ESP berfokus pada sektor pendidikan berupa peningkatan pendidikan bidang otomotif sepeda motor dan kewirausahaan. Dengan sasaran utamanya adalah siswa atau alumni SMK di Cilacap. ESP bertujuan untuk mencetak wirausaha tenaga muda produktif Indonesia di bidang otomotif khususnya perbengkelan.

Seperti yang disampaikan alumni CSV Pertamina Lubricant, Erni Dwi anna (19) lulusan SMKN 2 Cilacap yang telah berhasil membangun bengkel sendiri bernama Bengkel Payau Motor Cilacap.

“Senang, bangga dan terharu itu yang saya rasakan sekarang. Dan, saya sangat berterima kasih kepada Pertamina Lubricants yang telah memilih saya untuk ikut program dan dilatih terkait mekanik serta kewirausahaan. Dan, akhirnya alhamdulilah kini saya bisa mandiri dengan  memiliki bengkel sendiri,” kata Erni tersenyum bangga saat dijumpai di Kantor BLK Cilacap, Senin (15/07/19).

“Melalui program EPS Pertamina Lubricant ini, benar-benar membuat saya berani melakukan usaha sendiri meskipun usia saya terbilang masih muda dan seorang mekanik perempuan,” imbuhnya bangga.

Ditempat yang sama, Guntoro Sejati Kepala BLKI Cilacap Jateng menambahkan bahwa, dukungan yang diberikan oleh Pertaminam Lubricants sangat membantu keberhasilan para peserta di BLKI Cilacap.

“Dalam pelatihan peserta diberikan pelatihan teknik sepeda motor bersama BLKI, praktik kerja dan mentorship oleh bengkel mitra binaan Pertamina Lubricants. Juga peserta diberi pelatihan kewirausahaan serta pendampingan usaha perbengkelan,” papar Guntoro.

Selain ESP, Pertamina Lubricant juga memiliki program CSR lainnya, yakni bengkel mitra binaan. Bengkel mitra binaan Pertamina Lubricant menjadi tempat bagi peserta ESP berkonsultasi maupun magang terkait permasalahan perbengkelan. (Tls)