XL Axiata Dukung Pelajar di Jatim Menjadi Generasi Muda Berkarakter

Surabaya (wartasas.com) – Sukses meningkatkan keahlian ratusan peserta dan alumni secara signifikan melalui program XL Future Leaders, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali terdorong untuk mengembangkan lebih lanjut ke jenjang siswa SMA/SMK melalui program yang dikemas bertema “XL Axiata Youth Leadership Camp” (XYLC).

Program XYLC yang diselenggarakan selama dua hari sejak tanggal 14-15 September 2018 di Hotel Singgasana Surabaya diikuti oleh 120 siswa dari sekitar 64 sekolah setingkat SMA/SMK dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Vice Presiden XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim menyampaikan bahwa, tujuan diselenggarakan program XL Future Leaders dan XYLC ini untuk mendorong lahirnya generasi muda unggul berkarakter Indonesia yang bisa meneruskan kepemimpinan di berbagai bidang.

“Pembukaan XYLC 2018 sebelumnya sudah dilakukan di Jakarta, Semarang, Medan dan Makasar. Dan, sekarang untuk wilayah Jawa Timur dilaksanakan di Kota Surabaya. Karena, setelah 6 tahun menyelenggarakan program XL Future Leaders untuk jenjang mahasiswa, kami melihat secara jelas besarnya manfaat program ini bagi para peserta dan alumninya,” kata Imam usai membuka secara resmi program XYLC di Surabaya, Jumat, (14/09/18).

“Kami ingin kurikulum XL Future Leaders bisa terus disebarkan lebih luas lagi agar semakin banyak anak-anak kita yang memiliki keahlian lebih yang diajarkan di program ini. Karena itu, kami tak ragu untuk mengembangkan program ini ke siswa SMA/SMK,” tambahnya.

Program Camp Surabaya masih menurut Imam juga mendapatkan dukungan dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“XL Axiata berharap para alumni juga akan bisa ikut mengangkat tinggi nama Indonesia di kancah internasional melalui berbagai prestasi,” terangnya.

Dalam kegiatan XYLC akan diselenggarakan dengan durasi 2 hari 1 malam, dengan kurikulum yang meliputi Critical and Creative Thinking (Kreatif dalam Perbedaan), Communications (Bicara Tepat dan Hebat),  Problem Solving (Jago bikin Program), Collaborating & Digital Team Work,  Improve Leadership Games dan  Inspiring Social Media.

Diterangkan juga bahwa, untuk menuju era informasi, ada banyak kompetensi yang harus dimiliki oleh generasi muda. Selain hardskills yang sudah banyak diajarkan di sekolah, mereka memerlukan juga softskills yang belum banyak diajarkan sekolah formal.

Dengan mengikuti program ini, XL Axiata berharap para peserta akan mendapatkan manfaat berupa, peningkatan kemampuan komunikasi yang efektif, terbentuk cara berpikir kritis dan kreatif dengan cara yang lebih praktis dan sistematis, terlatih kemampuan problem solving dan agility, serta tertanam kemampuan untuk menjadi adaptive dan collaborative.

Riska Apriansah kelas 11 perwakilan SMKN 3 Surabaya mengatakan bahwa dirinya bersama kedua temannya merasa bangga dapat terpilih menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti kegiatan “XL Axiata Youth Leadership Camp”.

“Melalui kegiatan ini kami bisa menjadi pribadi yang mandiri, pribadi yang lebih baik dan berkarakter. Sehingga, kami bisa menjadi generasi muda yang bisa dibanggakan dengan menciptakan kreatifitas dan inovasi yang membanggakan,” ungkap Riska.

Hal senada juga disampaikan oleh Galang Arip Ridwan siswa kelas 11 SMKN 1 Surabaya bahwa dengan mengikuti kegiatan “XL Axiata Youth Leadership Camp” dirinya dan teman temannya disamping mendapatkan tambahan wawasan, pengalaman dan teman, juga di didik menjadi pribadi yang berkualitas dalam menghadapi masa depan. (Tls)