Virtus Showcase 2018 Tawarkan Solusi Terbaik Untuk Teknologi

Surabaya (wartasas.com) – Internet of Things (IoT) mulai diterapkan secara luas untuk berbagai keperluan, baik rumah, bisnis, layanan publik, dan bahkan seluruh kota. IoT memungkinkan organisasi mengumpulkan berbagai data tentang pelanggan dan produk mereka, serta memberikan gambaran yang jelas dan real-time tentang stok dan penggunaan sumber daya mereka.

Melalui event tahunan, Virtus Indonesia kembali menyelenggarakan Virtus Showcase 2018 yang diselenggarakan pada Kamis, 26 April 2018 di Kota Surabaya, dengan berbagai acara seperti diskusi, pameran dan konferensi teknologi.

Elsa Mayasari, General Manager of Virtus Technology Indonesia mengatakan bahwa, Virtus Technology Indonesia, salah satu penyedia solusi infrastruktur TI terbesar di Indonesia. Melalui,  Virtus Showcase 2018 yang diperuntukkan bagi ratusan profesional dari cross-industry sebagai ajang edukasi dan informasi mengenai tren teknologi terbaru yang mendorong transformasi di lingkungan bisnis.

“Riset oleh Vodafone IoT Barometer mencatat adopsi IoT telah meningkat lebih dari dua kali lipat pada 2017 (29%) dari 2013 (13%) berkat potensinya dalam mendorong inovasi dan meningkatkan pendapatan bisnis,” kata Elsa dalam paparannya di Surabaya, Kamis, (26/04/18).

“Mengangkat tema “Uncover Opportunities in The Age of Intelligent Things”, acara Virtus Showcase 2018 ingin membantu perusahaan meraih potensi maksimal dari adopsi IoT di lingkungan organisasi mereka,” tambahnya.

Mengangkat tema “Uncover Opportunities in The Age of Intelligent Things”,Virtus Showcase 2018 menghadirkan sejumlah pakar teknologi dan praktisi bisnis yang berbagi knowledge dan best practice IoT serta demo solusi agar peserta mendapatkan pengalaman langsung menggunakan solusi TI terkini. Berada di jajaran pembicara, Prof. Dr. Suhono Supangkat, Guru Besar Institut Teknologi Bandung dan inisiator konsep Smart City,memaparkan mengenai peluang dan tantangan dari implementasi IoT serta tren Industry 4.0 yang menandai era automasi industri dan pertukaran data.

Suasana seminar semakin hangat saat diskusi panel mengupas lebih dalam terkait adopsi IoT di beberapa sektor industri, seperti logistik, maritim dan manufaktur antara Suhono, Senior Vice President Marketing PT Pelindo III Erry Akbar Panggabean, dan Senior Manager Information System PT Semen Indonesia Asri Wahjusukrisno.

“IoT telah merevolusi cara kerja individu maupun perusahaan. Di era Intelligent Things ini, semua perangkat akan bisa berkomunikasi satu sama lain asalkan terhubung ke jaringan internet, mulai dari TV pintar, kantor pintar, bahkan kota pintar,” terang Elsa.

Bisa dibayangkan peluangnya bagi bisnis. Dengan fungsi automation, sebuah pekerjaan dapat berjalan lebih mudah dan murah karena bisa menghemat biaya operasional, belum lagi mendorong inovasi produk dan layanan baru yang dapat menjadi sumber pendapatan organisasi.

“Untuk itu, melalui Virtus Showcase ini, profesional bisnis yang hadir dapat belajar bagaimana memanfaatkan IoT yang sesuai dengan goal perusahaan, harus mulai dari mana dan tantangan apa saja yang harus dihadapi,” urainya. (Tls)