Warga Simorejosari Surabaya Budidayakan Buah Surga

Surabaya (wartasas.com) – Tidak semua masyarakat Indonesia mengenal apa itu pohon buah Tin dan apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari pohon tersebut. Padahal, banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari pohon buah Tin.

Tanaman buah Tin (Ficus carica) atau Tanaman Ara atau yang sering disebut buah Surga merupakan tanaman yang istimewa, karena  menjadi salah satu nama Surah dalam Al-Qur’an : Surah At-Tin.

Dalam sabda Nabi disebutkan, Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Sebab, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok“  (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad ).

H.Sulis warga kota Surabaya salah satu pembudidaya pohon buah Tin yang tinggal di Jalan Simorejo Sari B XIII No. 11 A Surabaya merupakan pembudidaya pohon buah Tin yang terbilang sukses.

Ketika wartawan wartasas.com mencoba mendatangi kediaman H Sulis, langsung disambut senyum ramahnya dan dipersilahkan masuk untuk melihat hasil budidaya pohon buah Tin.

Seperti yang disampaikan H Sulis, bahwa menanam atau membudidayakan pohon buah Tin tidaklah sulit, cukup bermodal kemauan tinggi karena sangat banyak manfaat yang bisa didapat dari pohon buah Tin.

“Tidak perlu harus memiliki lahan luas ataupun kebun, dengan lahan terbataspun kita bisa membudidayakan pohon buah Tin, seperti yang sekarang ini saya kerjakan. Karena, pohon buah Tin mampu tumbuh subur dinegara yang mempunyai iklim tropis.” Kata H Sulis ketika dijumpai dikediamannya.

Diterangkan, bentuk daun buah Tin seperti jari sebanyak 3 atau lima ruas, daunnya tumbuh tunggal dan berwarna hijau terang. Tanaman ini mampu berbuah sepanjang tahun dan cukup mudah dalam perawatannya dan bisa dibudidayakan.

Sedangkan, untuk warna buah yang masih muda terlihat berwarna hijau dan warna buah tin yang sudah tua akan berwarna kuning, ungu dan coklat meskipun masih muda rasa buah tin sangat enak dikonsumsi bisa dengan memakannya secara langsung atau dibuat makanan lainnya seperti Kismis dan Selai, rasanya cukup manis, sedikit berair, bijinya kecil-kecil dan berserabut.

Dipandang dari kesehatan manfaat Buah Tin sangat baik untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan jantung, dapat menurunkan berat badan atau Obesitas, mengurangi resiko Kanker Payudara, resiko Kanker Prostat, mencegah Anemia dan menyembuhkan Wasir, mengurangi Kolesterol Darah, zat anti Tumor dan sebagai penangkal Virus pada tubuh manusia, manfaat lebihnya bisa meningkatkan kepadatan tulang akibat pengkeroposan atau Osteoporosis.

“Keseluruhan dari pohon buah Tin, baik akar, batang, daun apalagi buahnya, semua bermanfaat dan bisa difungsionalkan untuk kesehatan. Contohnya, daun buah Tin bisa dijadikan the untuk mengurangi resiko Kanker,” jelas H Sulis sambil tersenyum. (Tls)