Tingkatkan Kualitas Jaringan Data, XL Axiata Perluas Jaringan Data 4G LTE

Balikpapan (wartasas.com) – Meningkatnya trafik data dari tahun ke tahun, seperti dalam setahun terakhir meningkat sekitar 43%. Tahun ini, XL Axiata berencana melakukan perluasan jaringan antara lain akan mencakup wilayah di Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara.

Group Head XL Axiata Jabodetabek dan Kalimantan Region, Bambang Parikesit mengatakan, bahwa, XL Axiata terus membangun jaringan data 4G LTE di Kalimantan sebagai langkah strategis yang perlu dilakukan mengingat permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data dari XL Axiata yang terus meningkat.

“Selain itu, sebagai bagian dari rencana tersebut, XL Axiata juga akan membangun jaringan 4G melalui program Universal Service Obligation (USO) yang difokuskan di area-area pedalaman yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi,” kata Bambang dalam rilis resminya, Jumat, (19/07/19).

“Selain aspek bisnis, visi kami dalam memperluas jaringan data ke berbagai wilayah Kalimantan adalah mendukung percepatan pembangunan. Kami ingin ikut berkontribusi dalam upaya pemerintah daerah memajukan wilayahnya. Infrastruktur jaringan data yang berkualitas,” tambahnya.

Bambang Parikesit menambahkan, tahun 2019 ini XL Axiata akan melanjutkan kebijakan pembangunan jaringan data hingga menjangkau daerah-daerah terpencil di Kalimantan. Dengan adanya perluasan ini, maka jaringan data berkualitas XL Axiata telah menjangkau sekitar 54 kota/kabupaten atau lebih dari 96% populasi Kepulauan Kalimantan dengan didukung oleh lebih dari 7.000 BTS termasuk lebih dari 5.400 BTS data (3G/4G).

Hingga akhir tahun 2019 XL Axiata menargetkan penambahan jaringan fiber optik di Kalimantan sepanjang sekitar 1400 kilometer. Hal tersebut dilakukan agar pengguna layanan data di Kalimantan dapat lebih nyaman menikmati jaringan data yang stabil dan berkualitas.

“Selain itu, XL Axiata juga tetap memperhatikan kebutuhan telekomunikasi dasar bagi masyarakat di pelosok. Hal tersebut dibuktikan dengan mulai membangun jaringan USO di beberapa wilayah di Indonesia sejak tahun 2018,” terangnya.

Jumlah pelanggan di Kalimantan hingga akhir Juni 2019, tercatat sekitar 1.7 juta pelanggan, dengan lebih dari 75% merupakan pelanggan data aktif. Jumlah tersebut meningkat sekitar 14% dari periode yang sama tahun lalu. Jumlah pelanggan data di Kalimantan ini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan meluasnya jaringan 4G LTE XL Axiata.

Selain berupaya menghadirkan jaringan data berkualitas, XL Axiata juga menyediakan beragam program dan produk untuk mengakomodir kebutuhan layanan data masyarakat di Kalimantan. Beberapa layanan yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat adalah melalui dua jenis produk XL, yakni kartu perdana dan voucher kuota paket Xtra Combo Lite.

Kedua jenis produk tersebut merupakan produk unggulan dari XL yang memberikan benefit internet mulai dari 4.5GB hingga 37GB, yang mana seluruh pelanggan di wilayah Kalimantan akan mendapatkan benefit tambahan kuota berupa “Double Lokal Kuota“ mulai dari 1.5GB hingga 18GB yang dapat digunakan di semua jaringan. (XL/Tls)