Sukseskan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama Bersama AAL

Surabaya (wartasas.com) – Sukseskan program pemerintah “Universal Health Coverage” dan Jaminan Kesehatan Nasionai-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Utama Surabaya bersama Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) menjalin Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Dengan dilaksanakan penyerahan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan penyerahan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan, pada Kamis, 01 Februari 2018 di gedung R. Soebijakto, Mako Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, sebanyak 331 Taruna dan Taruni AAL resmi menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Penyerahan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPJS Kesehatan dengan Akademi Angkatan Laut dihadir langsung oleh Kepala Cabang BPJS Surabaya dr. Mokhamad Cucu Zakaria dan Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Suhono.

Kepala Cabang BPJS Surabaya dr. Mokhamad Cucu Zakaria dalam sambutannya menyampaikan, bahwa, BPJS Kesehatan ini merupakan salah satu progam pemerintah sebagai sarana dan penunjang biaya kesehatan serta wajib bagi masyarakat untuk menjadi peserta.

“BPJS Kesehatan sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang di tanggung negara untuk seluruh masyarakat Indonesia dan sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial,” ucap pria ramah yang akrab disapa Cucu usai melaksanakan penyerahan secara simbolis kartu BPJS kepada Taruna Taruni AAL, Kamis, (01/02/18).

“Dengan ikut sertanya para taruna dan taruni tersebut akan memberikan kepastian pengobatan jika para peserta ini sedang sakit. Dengan adanya kartu kepesertaan ini, para taruna taruni akan terlindungi dalam program yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan,” tambahnya.

Masih menurut Cucu, bahwa, Kegiatan ini juga merupakan bentuk perwujudan dari ‘universal health coverage’ yang digagas oleh pemerintah untuk melindungi masyarakat.

Dikesempatan yang sama, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Suhono menyampaikan, Perjanjian Kerja Sama antara Akademi Angkatan Laut dengan BPJS Kesehatan dilaksanakan dalam rangka pemenuhan kewajiban sebagai kepesertaan BPJS Kesehatan bagi Taruna dan Taruni AAL yang selama ini belum terdaftar dalam kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Diharapkan, dengan adanya Kartu Kepesertaan BPJS Kesehatan ini dapat mempermudah Taruna dan Taruni AAL dalam melaksanakan proses berobat baik di dalam kesatrian ataupun dalam penugasan diluar kesatuan AAL,” terang Wagub AAL.

Secara simbolis, Kepala Cabang BPJS Surabaya dan Wagub AAL menyerahkan Kartu Kepesertaan BPJS Kesehatan kepada Sermatutar (P) Reiva Chandra dan Sermatutar (S/W) Catur Arum Nuryani sebagai perwakilan Taruna dan Taruni AAL. (Tls)