Sukseskan Gerakan Keluarga Berencana, BKKBN Gelar Sosialisasi

Surabaya (wartasas.com) – Guna mensukseskan program keluarga berencana, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kembali menggelar sosialisasi Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga serta Penyerahan Cukilan dan Anggaran.

Acara sosialisasi yang digelar pada Selasa, 09 Januari 2018 di Hotel Garden Palace Surabaya, dibuka langsung secara resmi oleh Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Timur H. Yenrizal Makmur. SP, MM dan Plt Kepala BKKBN, dr. Sigit Priohutomo, MPH dengan diikuti oleh 38 Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) KB Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Dalam sambutan Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Jatim H. Yenrizal Makmur menyampaikan, bahwa, dalam acara sosialisasi ini para peserta akan menerima materi pokok berupa sosialisasi pengelolahan penyuluhan KB berdasarkan Undang-Undang No.3 Tahun 2014.

“Peserta juga akan mendapat gambaran umum program anggaran PPK 2018 dan sinkronisasi APBD Kabupaten/Kota, supaya tidak terjadi tumpang tindih nantinya, serta banyak materi yang lainnya,” kata Yenrizal dalam sambutannya, Selasa, (09/01/18).

Di kesempatan yang sama, Plt Kepala BKKBN, dr. Sigit Priohutomo, MPH, juga menyampaikan, di bulan Januari ini, Presiden Jokowi akan memilih 10 kabupaten/kota untuk melaunching program kependudukan.

“Harapan kita nanti setelah di tahun ini berhasil dengan 100 Kab/Kot di Seluruh Indonesia, di Tahun 2019, lebih banyak lagi masyarakat yang menggunakan program ini,” terang Sigit.

“Dan pada akhirnya, jalur kita untuk menjadikan program kependudukan menjadi lebih baik lagi, tercapai. Sehingga setiap desa mempunyai Kampung KB, Program Stunting, Gerakan Masyarakat Sehat, semua bisa menjadi satu  di daerah itu,” imbuhnya.

Sebagai tanda dibuka dan diresmikan acara Sosialisasi Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga serta Penyerahan Cukilan dan Anggaran secara simbolis dilakukan dengan pemukulan gong.

Dalam kesempatan acara tersebut juga dilakukan MoU atau cukilan kepada perwakilan OPD KB oleh Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Timur, H. Yenrizal Makmur. SP, MM. (Tls)