Smartfren 4G LTE Siap Dukung Komunikasi Masa Liburan

Jakarta (wartasas.com) – Menyambut datangnya hari raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi berbasis teknologi 4G terluas di Indonesia, PT Smartfren Telecom Tbk, melakukan optimasi serta penambahan kapasitas jaringan untuk menjamin kelancaran komunikasi bagi para pelanggannya selama liburan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Seperti yang disampaikan VP Technology Relations & Special Project Smartfren Munir SP bahwa, pada hari Natal dan Tahun Baru 2017, pasti akan terjadi lonjakan komunikasi, terutama  di lokasi wisata serta pusat perbelanjaan. Karena, kecenderungan masyarakat untuk mengucapkan natal dan tahun baru, menggunakan video call melalui layanan VoLTE Smartfren, ataupun melalui social messenger dan social media.

“Disamping itu, ditambah dengan kebutuhan untuk eksis mengungah foto mereka ketika mengunjungi lokasi wisata tersebut. Kami prediksi traffic data akan naik secara signifikan, karena itu kami lakukan serangkaian persiapan agar komunikasi dan keasikan liburan masyarakat tidak terganggu.” Kata Munir.

 Peningkatan kapasitas serta optimasi jaringan Smartfren telah dilakukan sejak 18 Desember 2016 lalu, di beberapa lokasi wisata yang diprediksi akan mengalami peningkatan traffic, antara lain: kawasan Monas, Kawasan Ancol, Kebun Binatang Ragunan, pusat pusat perbelanjaan, kawasan Puncak Jawa Barat, Bogor, Kawasan Candi Borobudur dan Candi Prambanan, Kawasan Batu – Malang serta Pantai Kuta di Bali.

“Sementara itu, Terminal Pulo Gadung, Bandara Soekarno Hatta, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bakauheni, Bandara Juanda serta Bandara Ngurah Rai, juga mendapatkan perhatian khusus dari Smartfren,” tambahnya.

Sejak memperluas cakupannya hingga 200 kota besar dan kecil di Indonesia, Smartfren juga memastikan jaringannya sudah siap melayani masyarakat di musim liburan akhir tahun, di seluruh wilayah Sumatera seperti di Kota Medan, Pematang Siantar, Simalungun, Toba Samosir, Banda Aceh, Pekanbaru, Batam, Palembang, Lampung, dan Jambi.

Selain melakukan optimasi jaringan, Smartfren juga melakukan langkah intensive network monitoring selama 24 jam penuh dan juga menyiagakan mobile BTS dan Task Force Team, yang akan langsung diturunkan jika terjadi kendala. Semua langkah ini diambil Smartfren, demi menunjukkan tindakan nyata dari komitmennya untuk terus memberikan kelancaran serta kemudahan komunikasi bagi masyarakat.

“Pada hari raya natal tahun 2015 lalu, traffic data Smartfren mengalami peningkatan hingga 12% dibandingkan dengan hari biasa, sementara pada tahun baru 2016 Smartfren mengalami kenaikan sebesar 11% dibandingkan dengan traffic di hari biasa. Untuk hari raya Natal dan Tahun Baru 2017 sendiri, Smartfren memprediksi akan ada peningkatan traffic antara 15 – 18%,” ungkap Munir. (Tls)

Add a Comment