Peduli Pendidikan, XL Axiata Dirikan Sekolah Darurat dan Pusat Komando Penanggulangan Bencana

Mataram (wartasas.com) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masa depan anak anak korban gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat khususnya dibidang pendidikan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mendirikan sekolah darurat. Serta, memberikan sejumlah bantuan, termasuk untuk penguatan kapasitas penanggulangan bencana, penyediaan sarana dan prasarana sekolah darurat.

Penyerahan donasi yang disaksikan langsung oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dilakukan secara simbolis pada Rabu, 10 Oktober 2018 di Mataram.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya menyampaikan bahwa, bantuan tersebut bentuk komitmen XL Axiata beserta Axiata Group sebagai induk perusahaan untuk terus ikut serta dalam upaya pemulihan kondisi pasca gempa hingga nanti benar-benar pulih.

“Untuk itulah, hari ini kami menyerahkan donasi lanjutan yang disesuaikan dengan kebutuhan masa recovery, termasuk perangkat untuk sekolah darurat dan juga perangkat komunikasi untuk upaya menanggulangan bencana,” kata Yessie usai memberikan bantuan kepada korban gempa, Rabu, (10/10/18).

“Untuk keperluan sekolah darurat, XL Axiata ikut menyediakan 4 tenda peleton yang bisa dipakai sebagai ruang kelas atau administrasi darurat dengan daya tampung hingga 40 orang. Selain itu ada juga 8 tenda komando berkapasitas 20-an orang. XL Axiata juga menyediakan perlengkapan pendukung sekolah lainnya, seperti meja dan kursi, serta alat-alat tulis,” tambahnya.

Bahkan, sekolah darurat ini yang akan dimanfaatkan oleh 9 sekolah di wilayah Lombok Barat juga dilengkapi dengan fasilitas akses internet cepat program Gerakan Donasi Kuota. Setiap sekolah akan mendapatkan paket kuota 20 GB setiap bulan selama setahun.

“Selain peralatan dan perlengkapan sekolah, XL Axiata juga menyelenggarakan program pemulihan kondisi psikologis (trauma healing) anak-anak di sekitar lokasi sekolah darurat,” terangnya.

Program trauma healing ini bertujuan untuk memulihkan kondisi mental anak-anak korban bencana, sekaligus memotivasi mereka untuk bangkit. Tim XL Axiata untuk program ini juga menyelenggarakan program kegiatan di luar jam sekolah untuk meningkatkan motivasi anak-anak tersebut.

“Tim pengajar kedua program ini adalah para mahasiswa sejumlah perguruan tinggi di Lombok, di bawah koordinasi XL Axiata,” tuturnya.

XL Axiata juga memberikan dukungan atas inisiatif pendirian suatu pusat komando (command center) penanggulangan bencana oleh Pemerintah Provinsi NTB. Untuk keperluan komunikasi, XL Axiata menyerahkan 285 unit smartphone Xtream Ultima X lengkap beserta paket kuota total sebesar 12 GB selama setahun, dan gratis telpon dan SMS antar anggota command centre.

Jaringan XL Axiata di seluruh wilayah Pulau Lombok di topang oleh sekitar 2.300 BTS, sebanyak lebih dari 1.600 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Sementara itu, di seluruh Provinsi NTB, XL Axiata total memiliki lebih dari 4.500 BTS, dengan sekitar 835 BTS di antaranya 4G LTE, yang melayani lebih dari 2 juta pelanggan. (Ib/Tls)