Menjelang Tahun Baru Diperkirakan Turun Hujan

Jakarta (wartasas.com) – Menjelang Tahun Baru 2017 perkiraan cuaca di wilayah Indonesia akan ada peningkatan potensi hujan lebat. Diperkirakan potensi hujan lebat akan terjadi pada 28 Desember 2016 hingga 02 Januari 2017

Dari pantauan kondisi atmosfer terkini terdapat potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode 1 minggu kedepan, antara lain di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kep.Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utar,  Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggaradan Papua bagian Tengah.

Seperti yang disampaikan Deputi Bidang Meteorologi DR. Yunus S. Swarinoto,M.Si, bahwa masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.

“Selain itu, bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat di wilayah pesisir dihimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,5 – 4,0 meter di Perairan Utara Kep. Natuna dan Anambas, Laut China Selatan, Laut Arafuru, Perairan Utara Halmahera, dan Perairan Kep. Sangihe dan Talaud,” ucap DR. Yunus ketika dihubungi lewat telephone.

Bagi masyarakat yang ingin memperoleh informasi terkini terkait cuaca, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam. Dan masyarakat dapat menghubungi melalui call center 021-6546318 atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (ang/Tls)

Add a Comment