Komunitas Bonek D’Bonansa Hadirkan Warna dan Aura Positif

Surabaya (wartasas.com) – Suporter Tim Sepakbola kebanggaan Kota Surabaya Persebaya yang mendapat julukan Bonek (Bondo Nekat) sudah menjadi menjadi tren dan ikon di Indonesia. Namun, masih banyak masyarakat yang berfikir negative dan kurang simpatis atas sikap beberapa Bonek yang dianggap arogan.

Oleh karena itu, untuk menghapus stigma negative yang melekat pada Bonek agar berangsur menjadi image positif, salah satu komunitas Bonek yang ada di Kota Surabaya membentuk komunitas bernama Bonek D’Bonansa yang artinya “Dari Bonek untuk Bangsa”.

Soleh Yudhy Hartono Pendiri sekaligus Pimpinan Komunitas Bonek D’Bonansa menyampaikan bahwa, tujuan didirikannya komunitas ini adalah untuk membangun kembali citra positif dari Bonek. Sekaligus, sebagai wadah pemersatu para bonekmania

“Melalui komunitas ini kami ingin mengajak seluruh teman teman Bonek tidak saja hanya menjadi pendukung setia Tim Persebaya tapi juga mempunya misi visi yang sama demi kesejahteraan bersama,” kata pria yang akrab disapa Cak Soleh saat menggelar acara “Ngopi Bareng & Bincang Sepak Bola Bersama Bonek D’Bonansa” Jumat,(09/08/19) malam.

“Kami berharap keberadaan Bonek D’Bonansa ini dapat memberikan warna dan aura positif bagi Bonek di Surabaya. Sehingga, masyarakat dapat lebih bersahabat dengan para Bonek Mania,” sambungnya.

Komunitas Bonek D’Bonansa yang berdiri sejak 18 Desember 2018 ini, juga memiliki kegiatan sosial dan keagamaan. Diantaranya  adalah membangun Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Yatim Piatu serta Graha Bonek di Surabaya.

“Melalui D’Bonansa ini kami juga mempunyai program, yaitu memberikan bantuan hukum dan layanan kesehatan gratis serta penyaluran lapangan kerja bagi para Bonek yang membutuhkan,” terangnya.

Cak Soleh juga menegaskan bahwa, organisasi D’Bonansa adalah sebuah organisasi yang netral dan tidak terafiliasi pada kepentingan politik praktis, termasuk proses pemilihan Walikota Surabaya yang akan diadakan tahun 2020.

“D’Bonansa menyatakan tidak pernah dan tidak akan pernah meyatakan dukungan baik langsung maupun tidak langsung terhadap siapapun yang menjadi Cawali Surabaya. Terkait bila ada deklarasi oleh Cawali tertentu pada beberapa waktu lalu, itu bukan mewakili D’Bonansa,” tegasnya.

Dalam kesempatan dialog santai tersebut, Cak Soleh juga memaparkan pemikiran tentang sepak bola Indonesia, khususnya performa Tim Persebaya di liga 1 dalam kompetisi tahun ini. Serta, harapan kedepan terhadap Tim kesayangan arek arek Suroboyo.

“Harapan kami disini adalah, kedepan para bonekmania lebih makmur dan bermartabat serta Persebaya bisa mencapai prestasi terbaiknya,” ungkapnya.

Cak Soleh juga menghimbau kepada seluruh bonek untuk bisa memberikan dukungan kepada Tim Persebaya dengan cara yang baik dan bermanfaat bagi semua orang. (dwi)