Kini Bayar SIM dan SKCK di Polrestabes Surabaya Bisa Pakai GO-PAY

Surabaya (wartasas.com) – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat khususnya warga Kota Surabaya, Satlantas Polrestabes Surabaya memperkenalkan Inovasi baru dalam pembayaran PNBP SIM dan SKCK secara elektronik yaitu E-volution Cashless Payment.

Menggandeng GO-PAY, uang elektronik terdepan di Indonesia bagian dari ekosistem GO-JEK, Satlantas Polrestabes Surabaya meluncurkan E-volution Cashless Payment pada Senin, 01 Desember 2018 di Mako Polrestabes Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes. Pol. Rudi Setiawan menyampaikan bahwa, inovasi baru E-volution Cashless Payment merupakan salah satu upaya kepolisian untuk mewujudkan visinya memberikan layanan publik yang cepat, bersih, dan transparan.

“Jadi, kini masyarakat sudah tidak perlu menggunakan kartu atau mengeluarkan uang tunai lagi, semuanya sudah dapat menyelesaikan transaksinya. Masyarakat cukup membawa handphone saja, langsung scan kode QR-nya, lalu langsung bisa bertransaksi,” ucap Pol. Rudi usai melaunching E-volution Cashless Payment di Polrestabes surabaya, Senin, (01/12/18).

Ditempat yang sama, VP Regional Public Policy and Government Relations GO-JEK, Damar Juniarto mengatakan, bahwa, kehadiran inovasi baru E-volution Cashless Payment ini diharapkan mampu memberikan dampak positif baik bagi masyarakat maupun pihak kepolisian.

“Hal ini tentunya sejalan dengan misi utama GO-PAY dalam mempermudah akses layanan keuangan bagi jutaan keluarga di Indonesia, yaitu dengan menjembatani kebutuhan masyarakat akan layanan jasa keuangan formal yang sekaligus meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat,” papar Damar.

Inovasi berupa metode pembayaran digital ini juga dapat meminimalkan praktik pungutan liar (pungli) oleh petugas pelayanan serta meningkatkan efisiensi layanan publik. Pengguna yang ingin melakukan pembayaran PNBP SIM dan SKCK, baik untuk membuat baru maupun memperpanjang, cukup membuka aplikasi GO-JEK dan memilih menu “Bayar” untuk melakukan scan kode QR yang tersedia pada loket pembayaran SIM dan SKCK, memasukkan jumlah yang ingin dibayarkan dan melakukan konfirmasi pembayaran. Hal ini pun diharapkan dapat juga meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja pelayanan publik.

“Khusus pengguna GO-PAY yang melakukan pembayaran pada 1 Desember 2018 hingga 31 Desember 2018 akan mendapatkan cashback sebesar 20% yang akan langsung masuk ke saldo GO-PAY pengguna,” terangnya.

Melalui solusi teknologi yang menawarkan kemudahan serta kenyamanan, kini GO-PAY juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai pembayaran di luar ekosistem GO-JEK. Inovasi ini juga telah diluncurkan di 6 kota lainnya, yaitu Gresik, Bekasi, Mojokerto, Sidoarjo, Pacitan, dan Madiun. (Tls)