Holcim : Bagi Holcim Indonesia Kesehatan dan Keselamatan Karyawan Itu Paling Utama

Surabaya (wartasas.com) – Dalam melaksanakan kegiatan operasional, Holcim Indonesia selalu mengutamakan dan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan para pekerja. Hal ini sudah menjadi komitmen yang terus dipegang oleh Holcim Indonesia, untuk mencapai nihil bahaya baik bagi seluruh karyawan maupun kontraktor yang terlibat dalam bisnis Holcim.

Atas komitmen tersebut, Holcim Indonesia menerima Penghargaan Zero Accident Award oleh Pabrik Tuban untuk yang keempat kalinya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam acara Peringatan Bulan K3 dan Pemberian Penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tahun 2018 di Gedung Grahadi pada Jumat lalu, (12/01/18).

Apresiasi atas kinerja ini diterima oleh Holcim atas 2,962,616 juta jam selamat yang dicapai sejak tanggal 1 November 2011 hingga Oktober 2017 tanpa fatality accident sejak dimulainya operasional pabrik Tuban. Beragam program safety dilakukan oleh Holcim Indonesia baik untuk karyawan maupun kontraktor yang terlibat dalam kegiatan operasinya, untuk meningkatkan kepedulian dan pemahaman tentang pentingnya keselamatan.

Di Holcim Indonesia, kepeduliaan tersebut diwujudkan melalui beragam tindakan, antara lain dengan mengingatkan orang di sekitar kita jika ada unsafe action maupun unsafe condition yang terjadi. Beragam program terus dilakukan meliputi safety day, peringatan bulan nasional K3, penerapan aturan dan evaluasinya, pelaksanaan berbagai training sertalainnya.

Sepanjang tahun 2017, Holcim Indonesia Pabrik Tuban sendiri sudah melakukan sebanyak 251 jam training, meliputi, training bekerja di ketinggian, bekerja di ruang sempit, LOTOTO, Basic Rigging, Resertika sipetugas Radio Aktif, Pemadaman api, dan sebagainya.

Setiap karyawan Holcim maupun kontraktor serta pengunjung yang datang ke Pabrik Holcim wajib mengikuti induksi keselamatan. Tercatat lebih dari 1.074 orang yang sudah mengikutinya di tahun 2017. Holcim juga membentuk tim sukarelawan tanggap darurat berkolaborasi dengan kontraktor. Donor darah secara regular bekerjasama dengan PMI Kab.Tuban juga dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak seluruh komponen yang ada di PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Tuban, bersama sama berkomitmen penuh terhadap kesehatan dan keselamatan kerja, untuk menghentikan pekerjaan & tindakan tindakamandi lingkungan Pabrik Tuban. Sehingga Budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja yang ada di wilayah PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Tuban,” ajak  Mir Kazim Ali.

Holcim Indonesia akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan kerja bagi seluruh karyawan dan kontraktor yang terlibat dalam kegiatan operasional perusahaan. (Tls)