Cegah Pembelian Rokok oleh Anak-Anak, Sampoerna Gelar PAPRA

Surabaya (wartasas.com) – Mewujudkan komitmennya untuk mencegah akses penjualan rokok kepada anak-anak di bawh usia dibawah 18 tahun, PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bekerjasama dengan para mitra dagangnya untuk menjalankan Program Pencegahan Akses Pembelian Rokok oleh Anak-Anak (PAPRA).

Seperti yang disampaikan General Manager Sales -East lava Sampoerna, Eric Chan Hee Ng, mengatakan, bahwa program PAPRA adalah wujud dukungan Sampoerna terhadap Peraturan Pemerintah No. 109 tahun 2012, tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan, khususnya Pasal 25 poin B yang melarang penjualan rokok kepada anak-anak di bawah usia 18 tahun.

“Bahwa anak-anak tidak boleh memiliki akses terhadap pembelian rokok. Hal ini sejalan dengan pandangan Sampoerna, dimana Sampoerna selaku salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia.” Ucap Eric Chan saat dijumpai di  toko Cafe Mart Plasa Marina Surabaya, Jumat, (2/ 12/2016).

“Sampoerna juga mewujudkan komitmennya dengan memasarkan dan mnpromosikan produknya hanya kepada perokok dewasa,” imbuhnya.

Program PAPRA telah dilaksanakan sejak bulan Oktober 2013 melalui penempatan sticker, wobbler, tent card, dan iklan LCD yang memuat pesan tenang pelarangan penjualan rokok kepada anak-anak di bawah 18 tahun.

Pada awalnya, kerja sama dijalankan dengan 4.800 ritel di daerah Jakarta, Depok, Bogor. Tangerang, dan Bekasi.

“Kami harap, bahwa dengan semakin meningkatknya jangkauan program PAPRA, kesadaran masyarakat akan larangan penjualan rokok kepada anak-anak juga bertambah sehingga nantinya upaya dan peran aktif Sampoerna dan para mitra dagangnya ini dapat membuahkan hasil yang berkelanjutan,” urai Eric.

Ternyata para pebisnis ritel sangat antusias dan menyambut baik program tersebut. Karena itulah program ini bisa terus berkembang, dan mencapai 30.000 ritel di seluruh indonesia pada akhir tahun 2015.

Ditahun 2016, jangkauan PAPRA diperluas ketingkat toko retail modern dengan tambahan 2.300 ritel, sehingga saat ini total ritel yang telah bergabung dalam program ini mencapai 32.300 ritel.

Sebagai bagian dari program PAPRA, Sampoerna juga memberikan sesi edukasi kepada pemilik dan pekerja toko supaya tidak menjual rokok kepada arak-anak yang belum berusia 18 tahun. Sosialisasi serupa terus dijalankan di kota-kota besar seperti di Medan, Jakarta, Yogyakarta, Sidoarjo dan Surabaya, serta Denpasar. (Tls)

 

Add a Comment