Meskipun Molor, Proses Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi Berjalan Lancar dan Aman

Surabaya (wartasas.com) – Meskipun molor dari ditarget yang ditentukan selama lima hari, namun KPU Jawa Timur (Jatim) mampu menyelesaikan proses rekapitulasi suara KPU Jawa Timur di Hotel Singgasana Surabaya dengan lancar dan aman.

Proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan di Hotel Singgasana yang dijadwalkan selama lima hari sejak tanggal 5-9 Mei molor hingga hingga Sabtu, (11/05/19).

Seperti yang disampaikan Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam bahwa molornya waktu rekapitulasi suara ini tidak mempengaruhi jadwal rekapitulasi di KPU RI. Karena, rekapitulasi suara di Jawa Timur telah dimulai lebih awal lima hari lalu dibanding daerah lain.

Bahkan, penghitungan yang dimulai pukul 09.00, Jumat (10/5/19), banyak menuai protes dari sejumlah saksi partai. Ketidak sesuaian entry data di dua tempat pemungutan suara atau TPS di Kecamatan Batu Marmer dan Waru menyebabkan perdebatan cukup alot.

Proses rekapitulasi berjalan aman, tertib dan lancar berkat dukungan semua pihak termasuk dari pihak Kepolisian Polda Jatim dan TNI serta  jajaran yang turut membantu berjalannya perhitungan suara.

Dari total rekapitulasi suara dengan jumlah 38 kabupaten dan kota, terjadi banyak dinamika. Dimulai dari 3 kecamatan dari Kabupaten Probolinggo yang harus menggunakan rekomendasi Bawaslu untuk pencocokan ulang entry data. Menyusul kemudian Kabupaten Bondowoso dengan kasus yang sama, dan terakhir untuk pencocokan ulang di Kabupaten Sumenep.

Hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat provinsi Jawa Timur diperoleh paslon nomor 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul atas paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dalam perolehan suara di Jatim, paslon 01 mendapat suara sebesar 16.231.668 dengan presentase 65,7%. Sementara paslon 02 mendapat 8.441.247 dengan presentase 34,3%. Total suara di Jatim mencapai 25.511.241 pemilih, dengan suara tidak sah sebesar 838.326.

Dalam rekapitulasi yang berlangsung sejak tanggal 5 hingga 11 Mei ini, Jokowi-Ma’ruf unggul di 32 kabupaten dan kota di Jatim. Sementara Prabowo-Sandi unggul di 6 daerah.
Usai rekapitulasi, pihak KPU Jatim akan bertolak ke KPU RI untuk melakukan proses rekapitulasi tingkat nasional pada 12 hingga 13 Mei. (Tls)