KPU Jatim Dirikan Rumah Pintar

Surabaya (wartasas.com) – Kurangnya pengetahuan masyarakat akan dunia politik dan kurangnya kepercayaan akan pemimpin yang terpilih, membuat menurunnya tingkat partisipasi masyarakat dalam mengikuti pemilu.

Untuk mengangkat keingintahuan masyarakat akan dunia politik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali melaunching Rumah Pintar Pemilu (RPP) Punakawan. Diharapkan, dengan adanya rumah pintar tersebut akan mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Dalam acara peluncuran Rumah Pintar Pemilu (RPP) Punakawan, pada Kamis, 22 Desember 2016, di Kantor KPU Jatim, Jalan Tenggilis Surabaya, dihadiri Ketua KPU RI Juri Ardiantoro didampingi anggota KPU RI Arief Budiman, dan Ketua KPU Prov Jatim Eko Sasmito didampingi Sekretaris KPU Prov Jatim HM. Eberta Kawima.

Ketua KPU RI Juri Ardiantoro mengatakan, bahwa tujuan didirikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Punakawan di KPU Jawa Timur merupakan salah satu cara KPU untuk mensosialisasikan tahapan-tahapan Pemilu, sehingga diharapkan masyarakat bisa lebih paham tentang tata cara dalam setiap tahapan Pemilu.

“Rumah Pintar Pemilu di KPU Jawa Timur ini merupakan pilot project yang terakhir dalam tahap pertama tahun 2016 ini. Kenapa harus ada RPP karena ini cara KPU untuk membuat Pemilu kita semakin inklusif, dipahami dan menjadi kepentingan masyarakat secara umum.” Ucap Ketua KPU RI disela sela peresmian, Kamis (22/12/2016).

“RPP Punakawan di KPU Jawa Timur merupakan pilot project ke-9 di Indonesia. Nantinya di seluruh KPU provinsi bakal didirikan RPP yang dibangun melalui anggaran KPU RI,” tambahnya.

Ditambahkan lagi, Juri Ardiantoro berharap dengan adanya RPP juga bisa dijadikan ajang untuk mendapatkan pendidikan politik bagi masyarakat.

Dikesempatan yang sama, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito juga menyampaikan, kenapa harus ada Rumah Pintar Pemilu. Karena, Ini bagian dari cara KPU untuk semakin membuat pemilu semakin inklusif, semakin dipahami, dan menjadi bagian dari kepentingan masyarakat secara umum.

“KPU juga ingin melakukan kegiatan yang tidak hanya berkutat pada pelaksanaan tahapan pemilu semata. Tapi juga ingin melaksanakan pendidikan politik kepada masyarakat secara umum,” kata Ketua KPU Jatim.

“Disini, masyarakat bisa mengakses untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, baik untuk kepentingan pendidikan, penelitian, maupun analisis kebijakan yang brkaitan dengan pemilu demokratis secara nasional dan khususnya di Jawa Timur,” pungkasnya.

Rumah Pintar Pemilu (RPP) Punakawan dibuka setiap jam kerja mulai pukul 08.00-16.00 WIB setiap hari Senin-Jumat. Dan semua masyarakat bisa memanfaatkan. (Tls)

Add a Comment