Bea Cukai Jatim 1 Musnahkan Ribuan Miras Impor

Sidoarjo (wartasas.com) – Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Timur 1 kembali memusnahkan barang bukti berupa 13.920 botol minuman keras asal Korea Selatan, hasil tangkapan petugas Bea Cukai Tanjung Perak Surabaya yang dianggap menyalahi aturan yang berlaku.

Pemusnahan yang dilakukan Petugas Bea dan Cukai Kantor Wilayah Jatim I, pada Kamis, 29 Desember 2016, di halaman belakang Kanwil Bea Cukai Jatim 1 Di Jalan Raya Juanda Kabupaten Sidoarjo, turut disaksikan oleh Kepala Bea dan Cukai Kantor Wilayah Jatim dan Direktorat Jenderal Pajak wilayah Jawa Timur serta seluruh petugas Bea dan Cukai Kantor Wilayah Jatim I.

Kepala Bea dan Cukai Kantor Wilayah Jatim I Decy Arifinsjah, mengatakan, bahwa barang-barang yang dimusnahkan ini telah merugikan Negara karena melanggar Peraturan Menteri Perdagangan tentang pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran, dan penjualan minuman beralkohol.

“Penyelundupan miras impor yang sedang kita lakukan pemusnahan ini berpotensi merugikan negara mencapai lebih dari Rp 605 juta.” Ucap Decy ketika dijumpai usai acara pemusnahan, Kamis, (29/12/16).

“Selain itu juga melanggar Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) nomor 12 tahun 2015 tanggal 16 Sepetember 2015 tentang pengawasan pemasukan obat dan makanan ke dalam wilayah Indonesia,” tambahnya.

Selama tahun 2016,  Decy Arifinsjah menambahkan, pihaknya telah melakukan penyidikan kepabeanan dan cukai sebanyak 14 kasus dengan rincian 11 kasus telah berstatus P-21 dan tiga kasus masih dalam proses.

“Dibandingkan dengan tahun 2015 ada kenaikan sampai dengan 100 persen yakni pada tahun 2015 jumlah kasus hanya 7 kasus dan tahun 2016 sebanyak 14 kasus. Begitu pula dengan jumlah tersangka, jika pada tahun 2015 sebanyak tujuh orang dan pada tahun 2014 ini menjadi 14 orang,” pungkas Decy.

Kanwil DJBC Jatim I memiliki wilayah kerja dari KPPBC TMP Tanjung Perak, KPPBC TMP Juanda, KPPBC TMPA Pasuruan, KPPBC TMPB Sidoarjo, KPPBC TMPB Gresik, KPPBC Tipe Pratama Bojonegoro, KPPBC Tipe Pratama Madura yang telah berhasil melakukan beberapa kali penindakan di bidang kepabeanan dan cukai.

Pihak Bea dan Cukai Jatim 1 terus berupaya keras melakukan penindakan dan juga pemantauan barang cukai dan kepabeanan yang ada di wilayah kerja mereka, sehingga diharapkan tidak ada lagi pelanggaran pelanggaran yang berpotensi merugikan Negara. (dwito)

Add a Comment