Pantai Payangan Simbol Cinta Terukir Alami

Jember (wartasas.com) – Kota Jember dikenal juga dengan sebutan daerah 1.000 gumuk atau bukit karena memiliki setidaknya 1.666 bukit yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Jember. Kota ini memiliki luas 3.293,34 Km2 dengan ketinggian antara 0 – 3.330 mdpl. Berbicara kota Jember kita bakal dibuat terbelalak dengan keindahan panorama alam nya, salah satu nya adalah panorama pantai yang tak kalah dengan pantai – pantai yang ada di Pacitan maupun Bali, Keindahan Pantai Papuma dan Pantai Watu Ulo  memang tak dapat di pungkiri, namun ada satu pantai yang tak kalah eksotisnya dengan kedua pantai yang berada di kawasan kota Jember tersebut, yaitu Pantai Payangan yang saat ini menjadi salah satu tujuan wisata pantai favorit di Jember, pantai ini terletak di Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Keunikan dari Pantai Payangan sendir adalah pantai ini mempunyai 4 pantai 3 bukit dan 1 pulau. Meski Pantai ini berpasir coklat kehitaman, namun air laut di Pantai Payangan cukup jernih, dengan deburan ombak yang terbilang sedang dan dikelilingi oleh hamparan perbukitan menjadikan pantai Payangan begitu eksotis terlebih saat menyambut sunrise maupun sunset di puncak perbukitannya, saat berada di puncak bukit kita akan di buat terpesona dengan bentuk teluk di area paling timur pantai Payangan yang menyerupai icon love.

Sebenar nya pantai ini merupakan pantai para nelayan, Jadi anda bakal menjumpai banyak perahu -perahu nelayan yang bersandar rapi di bibir pantai, dan andapun dapat membeli hasil tangkapan ikan secara langsung dari para nelayan. Sedangkan pada bulan suro, nelayan setempat biasanya rutin mengadakan upacara petik laut dan dilanjutkan dengan pertunjukan hiburan wayang kulit. ( AR/OB )