Pantai Banyu Tibo Pacitan Antara Eksotisme Dan Kearifan Lokal

Pacitan (wartasas.com) Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak paling Selatan ini berbatasan dengan Jawa Tengah dengan letak geografis 405’ bujur Timur dan 755’817’ lintang Selatan. Kabupaten Pacitan ini merupakan daerah yang bergelombang antara perbukitan dan pegunungan dengan luas -+ 1.389,87km yang terbagi 12 Kecamatan, 166 Desa, dan 5 Kelurahan.

Kabupaten Pacitan memiliki sejumlah obyek-obyek wisata baik wisata alam, budaya, maupun wisata spiritual. Seperti hal nya salah satu pesona wisata pantai Banyu Tibo yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, masih segaris dengan Pantai Klayar.  Air Terjun di Kawasan Wisata Pantai Banyu Tibo ini terbentuk dari aliran  sungai yang bermuara tepat di bibir pantainya. Karena letak sungai yang berada di atas pantai, maka muara sungai kecil ini menjadi seperti air terjun.

Eksotisme pantai ini tak perlu di ragukan lagi, meskipun tergolong tempat wisata baru namun berdasarkan penuturan beberapa pengurus wisata Pantai Banyu Tibo ini di kelola secara swadaya warga yang tergabung di dalam paguyuban PODARWIS dan KARANG TARUNA Desa Widoro yang mencatat  jumlah wisatawan pada musim liburan kemarin mencapai lebih dari 7.000 pengunjung.

Selain keindahan pantai dan air terjun nya, kearifan local di wisata pantai Banyu Tibo begitu kental, para pengelola begitu santun dalam memandu para wisatawan, satu lagi keistimewaan tempat wisata ini adalah keamanan dan kenyamanan pengunjung sangat di prioritaskan, seperti hal nya penuturan Gilang selaku ketua Karang Taruna Desa Widoro beberapa kali barang berharga milik pengunjung yang tertinggal seperti kamera dslr, hp iphone yg pernah tertinggal telah di amankan pengurus dan sudah di ambil oleh pemilik.

Di Pantai banyu Tibo sendiri menyediakan kegiatan snorkeling untuk para pecinta wisata biota laut, dengan maksimal peserta 10 orang yang di pandu oleh 4 orang untuk menjaga keselamatan para peserta. Kedepan para pengurus juga berencana melengkapi wahana wisata ini dengan kegiatan diving agar para pengunjung puas. Dan bagi para pecinta camping pihak pengurus juga menyediakan tempat / bumi perkemahan pula.

Untuk para pecinta wisata kuliner di pantai Banyu Tibo ini menyediakan hidangan udang lobster segar dengan harga relative murah seharga Rp. 25.000,- per porsi. Jadi setelah anda bersuka ria bermain di pantai, snorkeling dan lain-lain belum sempurna rasanya jika kebahagian liburan anda tanpa menikmati hidangan udang lobster segar tersebut. (AR)

[PFG id=5153]

Add a Comment