Wujud Kepedulian Lingkungan, GenBI Jatim Gelar “Bersih Indonesia”

Bangkalan (wartasas.com) – Wujudkan kepedulian lingkungan dan kesehatan, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jawa Timur yang merupakan penerima beasiswa Bank Indonesia (BI)  kembali memberikan kontribusi positif untuk negeri dengan menggelar kegiatan Bersih Indonesia.

Kegiatan “Bersih Indonesia” yang diikuti 80 GenBI Jatim dan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur pada Selasa, 26 Desember 2017 di Desa Sekarbungoh, Sukolilo Barat, Kec. Labang, Kabupaten Bangkalan, dengan bertemakan “Peduli Alam dan Kesehatan Masyarakat”, bertujuan untuk mencintai lingkungan dan membudayakan hidup bersih.

Ketua GenBI Jawa Timur koordinatior komisariat Surabaya Abdul Aziz, mengatakan, bahwa, program bersih Indonesia merupakan salah satu agenda tahunan dari divisi lingkungan hidup GenBI Jawa Timur.

“Semoga, kegitan seperti ini akan terus dilaksanakan untuk menanamkan peduli lingkungan. Dan kami sangat meapresiasi Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan penuh kepada GenBI Jatim untuk terus aktif  berkontribusi terhadap masyarakat, melalui berbagai kegiatan salah satu diantaranya melalui kegiatan Bersih Indonesia,” kata Abdul usai melakukan acara “Bersih Indonesia”, Selasa, (26/12/17).

Bersama BI Prov. Jatim, GenBI Jatim melaksanakan bersih-bersih bibir pantai yang berada tepat di bawah Jembatan Suramadu dengan memungut sampah-sampah yang berserakan di pinggir pantai maupun kaki jembatan Suramadu.

Selain membersihkan pantai, secara kreatif, GenBI Jawa Timur pun membangun spot foto yang terbuat dari limbah sandal yang berhasil dikumpulkan. Spot foto ini diharapkan  menjadi salah satu daya tarik wisata di daerah suramadu.

Tidak saja melakukan bersih bersih pantai, GenBI Jawa Timur juga menggelar penyuluhan peduli lingkungan dan kebersihan, serta sosialisasi pemanfaatan limbah pantai.

Dalam kesempatan penyuluhan yang dibawah oleh dr. Titin Damayanti, praktisi kesehatan, anak-anak pun diminta praktik cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar sebagai bagian dari hidup bersih.

Sedangkan, Henry Litta Indrayani, S.S aktivis lingkungan mengedukasi masyarakat mengenai pengolahan limbah sampah.

Sekretaris Kecamatan Labang, Munawwir, SE yang turut hadir menyaksikan dan terlibat langsung dalam kegiatan Bersih Indonesia, memberikan apresiasi atas inisiasi dan kontribusi aktif generasi muda indonesia yang peduli terhadap alam dan lingkungan.

“Diharapkan, kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan mampu menciptakan desa yang bersih dan sehat,” harap Litta.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan GenBI Jawa Timur juga memberikan bantuan peralatan kebersihan yaitu dua puluh sembilan paket tempat sampah dan lima puluh paket kebersihan kepada Kecamatan Labang. Selain itu, juga dibagikan lima puluh paket kebersihan kepada anak-anak usia sekolah dasar. (Tls)