Tingkatkan SDM, Pemprov Jatim Jalin Kerjasama Dengan Unusa

Surabaya (wartasas.com) – Dalam rangka mendukung dan meningkatkan pembangunan di wilayah Jawa Timur, khususnya ketersediaan tenaga SDM di berbagai bidang, secara resmi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menjalin kerjasama di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).

Kerjasama tersebut diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo dan Rektor Unusa Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M. Eng pada Jumat, 23 Maret 2018 di kampus B Jemursari Surabaya. Dengan disaksikan langsung Ketua Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (Yarsis), Mohammad Nuh.

Dalam sambutannya, Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo menyampaikan bahwa, Penandatanganan MoU ini menandai kerja sama pemanfaatan dan pendayagunaan sumber daya manusia kedua belah pihak sekaligus dalam rangka peningkatan sumberdaya manusia di lingkungan Pemprov Jatim.

“Sinergi antara pemerintah provinsi dan perguruan tinggi dapat meningkatkan pembangunan di daerahnya. Sinergi kedua belah pihak akan meningkatkan pembangunan di wiiayah Jawa Timur khususnya tenaga sumber daya manusia di berbagai bidang,” ucap Pakde Karwo sapaan akrab gubenur Jatim dalam sambutannya, Jumat, (23/03/18).

“Kerjasama ini merupakan langkah tepat dan strategis untuk mengatasi permasalahan di bidang ketenagakerjaan. Seperti, masih tingginya angka pengangguran, tidak imbangnya pertumbuhan angkatan kerja dengan kesempatan kerja,” tambahnya.

Berdasarkan data BPS Jatim per Agustus 2017, lanjut Pakde Karwo, jumlah pengangguran mencapai 840.000 orang. Hal itu menandakan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Jatim mencapai 4%.

“Jika tidak segera ditangani, angka tersebut akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan angkatan kerja baru. Dan lulusan PT juga belum tentu secara langsung dapat bekerja, sehingga akan menjadi barisan pengangguran baru. Karena itu, kerjasama ini merupakan langkah yang tepat. Pemerintah akan terus memperluas utilitas dengan perguruan tinggi dan pemberian vokasional,” terang Pakde Karwo.

Dikesempatan yang sama, Rektor Unusa Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, mengatakan, kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menumbuhkan kolaborasi saling menguntungkan antara dua belah pihak.

“Dengan kegiatan dalam koridor Tri Dharma perguruan tinggi, Provinsi Jawa Timur akan mendapat sokongan dari sisi akademik dalam pengembangan provinsinya,” papar Jazidie.

Jazidie menjelaskan, bentuk kerja sama yang akan disasar antara lain kebutuhan dan kolaborasi sumber daya yang ada di setiap dinas di lingkungan Pemerintahan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Jatim, Dinas Pendidikan Jatim. Dinas Ketenagakerjaan Jatim, Dinas Koperasi Jatim, Dinas Perindustrian Jatim, dan Dinas Sosial Jatim.

Sementara itu, Ketua Yarsis, Mohammad Nuh, menjelaskan untuk sampai ke tingkat penandatanganan MoU ada beberapa tahap yang telah dilalui antara Unusa dengan Pemprov Jatim.

“Sebagaimana umumnya berlaku, bahwa sebuah kerja sama akan berjalan baik dan bisa terlaksana, manakala ada saling pengertian, saling memahami, dan saling menguntungkan,” pungkas Nuh. (Tls)