Tingkatkan Kemampuan Dalam Penelitian, UINSA Adakan Workshop Penelitian Kolaboratif

Surabaya (wartasas.com) – Dalam rangka meningkatkan kapasitas kemampuan penelitian, melatih berbahasa serta membangun jaringan yang lebih luas, UIN Sunan Ampel Surabaya menggandeng beberapa universitas dan sekolah di Jawa Timur menggelar Workshop Penelitian Kolaboratif Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Workshop Penelitian Kolaboratif yang diselenggarakan UINSA Surabaya selama dua hari sejak tanggal 3-4 Oktober 2018 di Gedung Twin Towers A UIN Sunan Ampel Surabaya diikuti oleh Dosen, mahasiswa dan pelajar terpilih dari beberapa universitas dan sekolah di Jatim.

Beberapa universitas dan sekolah di Jawa Timur yang hadir mrngikuti workshop diantaranya, UIN Sunan Ampel Surabaya, Stiba Satya widya, UMSurabaya, Universitas Maarif Hasyim Latief, STKIP Bangkalan, Universitas Narotama, Unusa,MA Darul Ulum Waru, MTsN 1 Sidoarjo, MA Unggulan Amatul Ummah dan SMPN 1 Surabaya.

Kaprodi PBI DR. Siti Asmiyah, M yang didampingi Sekprodi PBI Raden Syaifuddin, M mengatakan bahwa, kegiatan workshop serupa yang diadakan oleh Prodi PBI meruapak kegiatan rutin setiap tahun untuk melatih para mahasiswa dalam meningkatkan bahasa inggris juga melatih dalam membuat proposal dan artikel.

“Namun, untuk kegiatan workshop kali ini yaitu Penelitian Kolaboratif Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris baru kali pertama dilakukan UIN Sunan Ampel Surabaya Prodi PBI dengan menggandeng beberapa universitas dan sekolahan lainnya,” kata Siti saat ditenui di sela sela workshop di  Gedung Twin Towers A UIN Sunan Ampel Surabaya, Kamis, (04/10/18).

“Dengan workshop yang diselenggarakan bersama dosen, mahasiswa dan guru serta pelajar dari berbagai universitas dan sekolah diharapkan dapat mendukung dunia pendidikan yang lebih baik terutama di UIN Sunan Ampel Surabaya dengan melakukan penelitian kolaboratif seperti temuan temuan baru baik inovasi maupun fenomena dalam pendidikan,” tambahnya.

Dijelaskan bahwa, workshop yang diikuti total peserta berjumlah 150 tersebut merupakan peserta pilihan yang sudah melalui tahap seleksi draf proposal awal. Dan, workshop ini merupakan program mematangkan draf proposal awal dan menindaklajuti pelaksanaan penelitian kedepan.

“Semoga, dengan adanya program workshop ini baik dosen, mahasiswa maupun stoke holder khususnya UIN Sunan Ampel Surabaya memiliki bekal yang cukup untuk melakukan penelitian. Sehingga, dalam  projek akhir penelitian nanti mereka dapat tuntas sesuai waktu yang direncanakan,” harap Siti.

Dalam workshop Penelitian Kolaboratif Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris juga menghadirkan narasumber Dr. Nur Arifah Drajati, M.Pd Dosen UNS yang memberikan pemaparan terkait riset kolaborasi.

“Riset tidak saja dilakukan oleh dosen saja tapi juga mahasiswa. Juga bisa antar dosen dengan mahasiswa atau dosen dengan dosen juga institusi satu dengan institusi lainnya. Tidak saja di Indonesia tapi juga di luar negeri,” papar Nur.

Dr. Nur Arifah juga menghimbau kepada seluruh mahasiswa khususnya untuk lebih memanfaatkan teknologi gadget untuk hal yang lebih positif terutama dalam bidang bahasa dan pembelajaran riset kolaborasi. Sehingga, konten dalam gadget dapat dimanfaatkan lebih baik.

M. Farkhi Faishol mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya semester 7 Prodi PBI yang tuerut dalam workshop mengaku snagat terbantu dengan adanya program workshop Penelitian Kolaboratif.

“Dengan workshop ini kami semakin memahami bagaimana membuat proposal dan artikel yang baik dan benar. Serta, mendapatkan ilmu tentang bagaimana melakukan riset agar dapat berinovasi demi kemajuan pendidikan,” ungkap Farkhi. (Tls)