Tim Ichiro ITS Raih Juara Pertama di Ajang Robocup 2019 Australia

Surabaya (wartasas.com) – Tidak sia siaTim robot sepak bola Ichiro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terus berlatih dan melakukan inovasi. Pasalnya, Tim Ichiro ITS sukses membawa pulang juara pertama pada kompetisi Robocup Humanoid Soccer League kategori Teen Size Technical Challenge di ajang tahunan Robocup 2019.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Tim Ichiro ITS, Sulaiman Ali bahwa, Tim Ichiro ITS yang telah mengirimkan dua tim pada kategori Teen Size dan Kid Size di ajang Robocop 2019 di Sydney, Australia telah meraih juara pertama.

Tidak hanya itu, robot humanoid Tim Ichiro ITS ini juga sukses meraih juara ketiga pada kategori Robot Soccer Teen Size dan Kid Size Technical Challenge. Sedangkan robot soccer beroda, Tim IRIS ITS yang untuk kali pertama bertanding di ajang ini sukses meraih peringkat kelima pada kompetisi Soccer Middle Size League.

Robocup Humanoid Soccer League terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan ukuran robot yaitu Kid Size, Teen Size dan Adult Size. Untuk kategori Kid Size, robot yang bertanding berukuran 40 – 90 centimeter (cm) dengan jumlah pemain maksimal empat robot untuk masing-masing tim. Sedangkan untuk kategori Teen Size, robot yang bertanding berukuran 80 – 140 cm dengan jumlah pemain maksimal tiga robot untuk masing-masing tim.

Di kategori teen size terdapat delapan tim dari berbagai negara besar, antara lain dari China, Iran, Australia, Jerman, Brazil, Korea, dan lain sebagainya.

Pada tahun ini tim Ichiro Teen Size hanya membawa dua robot untuk ditandingkan, sedangkan tim dari negara lain membawa lebih dari tiga robot. Hal itu tentu membuat kompetisi menjadi lebih sulit bagi Tim Ichiro Teen Size dibanding tahun sebelumnya.

“Namun di sisi lain yaitu algoritma bermain bola dan pendeteksian bola robot Ichiro Teen Size lebih bagus dibanding dari tim lain,” terangnya.

Selanjutnya pada kategori Kid Size terdapat 16 tim dari berbagai negara di antaranya yaitu Prancis, Iran, Jepang, China, Korea, Inggris, Selandia Baru, Rusia, dan lainnya. Hebatnya, tiga di antaranya berasal dari Indonesia yaitu dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Negeri Batam (Polibatam) dan ITS. Sayangnya, usaha keras Ichiro pada kategori ini hanya mampu menembus sampai babak perempat final. Pada Technical Challenge Kid Size, Ichiro hanya sukses menduduki posisi ketiga.

Sedangkan untuk Tim IRIS ITS, sukses menduduki posisi ke-4 dari sembilan peserta yang ada pada Round Robin pertama. Untuk menentukan tim yang lolos ke semifinal, dilakukan tanding ulang pada Round Robin kedua. Tim IRIS ITS telah melewati pertandingan sengit dan salah satunya mendapatkan skor 1 – 0 atas Tim Musashi dari Jepang.

Sementara itu, Pembina Tim Robotika ITS, Muhtadin ST MT juga mangaku bahwa capaian dari Tim Ichiro pada Robocup 2019 sangatlah bagus, karena telah berhasil mendapatkan ketiga prestasi sekaligus. Jika dibandingkan dengan tahun kemarin, memang Ichiro mendapatkan juara pertama robot soccer Teen Size, sedang tahun ini ada sedikit penurunan karena hanya mampu meraih juara ketiga.

“Akan tetapi, prestasi tersebut patut dibanggakan dengan segala keterbatasan Tim Ichiro. Tim-tim lain yang bertanding pada kategori Teen Size hampir semuanya memiliki empat sampai lima robot humanoid, sedangkan Ichiro hanya memiliki dua robot humanoid,” ungkap dosen Teknik Komputer Fakultas Teknologi Elektro (FTE) tersebut.

Muhtadin juga mengakui bahwa mahasiswa ITS memiliki daya juang yang sangat baik. Hal ini terbukti ketika pertandingan banyak sekali terjadi kerusakan mekanik dan elektronik pada salah satu robotnya. Bahkan, sering kali robot tim ITS ini mati ketika pertandingan dan harus mengganti gear set motor. Tapi mereka tidak menunjukkan rasa putus asa sama sekali.

Target selanjutnya bagi tim Ichiro adalah mempersiapkan perlomban FIRA Hurocup 2019 yang akan diselenggarakan di Korea pada Agustus 2019 mendatang. Harapannya, prestasi sebaik mungkin bisa didapatkan seperti tahun kemarin, yaitu sebanyak 16 penghargaan atau bahkan melampauinya. (Tls)