”TESABU Hair Mask” Masker Rambut Alami Inovasi Mahasiswi STIE Perbanas

Surabaya (wartasas.com) – Rambut merupakan mahkota terindah bagi semua wanita. Oleh karena itu, tidak sedikit wanita rela merogoh kocek cukup besar hanya untuk melakukan perawatan rambut agar rambut bisa terlihat indah dan sehat. Baik itu dilakukan di salon maupun dilakukan sendiri dengan menggunakan masker rambut.

Namun, seringkali mahalnya perawatan rambut di salon dan ketakutan akan bahan kimia yang ada di masker rambut serta rusaknya rambut karena seringnya menggunakan catokan rambut menjadi alasan para wanita dan remaja putri lupa untuk menjaga kesehatan rambut.

Melihat hal tersebut, mahasiswi STIE Perbanas Surabaya langsung tercetus ide untuk berinovasi menciptakan produk masker rambut natural berbahan dasar buah buahan dan sayuran yang diberi nama TESABU Hair Mask.

TESABU Hair Mask merupakan inovasi yang dibuat oleh lima mahasiswi Sarjana Manajemen STIE Perbanas Surabaya yaitu Koesma Malika Ika Kinasih, Elissa Qotrunnada, Aga Sinar Yustika, Melly Dwi Yanti, dan Destria Fara Adelia. 

Koesma Malika Ika Kinasih mengatakan, bahwa, pembuatan produk masker rambut TESABU Hair Mask ini salah satu jawaban dan solusi bagi wanita serta remaja putri yang seringkali mengeluhkan kerusakan rambutnya.

“Hal yang sama juga pernah saya alami sendiri. Dimana, rambut saya rusak dan kering karena seringnya menggunakan catokan rambut. Mau pergi ke salon mahal. Mau beli masker rambut takut ada bahan kimianya,” kata Koesma saat dijumpai disela sela uji coba masker rambut TESABU, Kamis, (15/08/19).

“Produk masker rambut TESABU inovasi kami ini inshaallah dijamin alami. Karena, semua bahan yang kita gunakan tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Dan, benar benar menggunakan bahan alami. Seperti, Merang, Minyak Ikan, Lemon, Aloevera, Olive oil, Ekstra Kedelai, Madu, Coconut oil, seledri, daun mint, dan buah buahan. Jadi, dijamin man dan pasti menyehatkan rambut,” tambahnya.

Dijelaskan juga, proses pembuatan TESABU Hair Mask ini pun cukup sederhana dan tidak menggunakan bahan kimia. Mulanya bawang merah direbus dahulu dan diambil aimya saja. Kemudian, santan juga direbus dan didinginkan. Setelah dingin dan mengental dicampurkan bubuk kedelai, tepung jagung, daun mint, dan sejumlah bahan sesuai varian yang ditetapkan.

“Produk kami ini juga telah kita lakukan uji laboratorium sebelum kita manfaatkan dan dipasarkan. Berdasarkan hasil uji laboratorium yang dikeluarkan, produk Tesabu Hair Mask ini mengandung vitamin, protein, dan zinc,” terang.

Karena, produk TESABU ini tidak menggunakan bahan pengawet dan bahan kimia, jadi hanya bisa bertahan selama 2 hingga 3 bulan apabila disimpan dilemari pendingin. Untuk saat ini, produk TESABU hanya ada 4 varian rasa seperti Strawbeiy, alpukat, pisang, dan jambu biji.

”Alhamdulilah, produk TESABUHair Mask kemasan 250 gram ini sudah bisa diterima oleh masyarakat. Terbukti, sejak Mei 2019 TESABU sudah terjual hingga 170 pcs,” ungkapnya bangga.

Untuk saat ini pemasaran produk TESABU hanaya dilakukan melalui promosi ke salon dan online seperti di Instagram @tesabunaturalhaixmask. Hingga, ke beberapa daerah di Jawa Timur seperti Surabaya, Gresik, Tuban, hingga Pacitan. (Tls)