Tanamkan Jiwa Sosial, STIE Perbanas Ajak Maba Bagikan Daging Qurban ke Kaum Duafa

Surabaya (wartasas.com) – Mahasiswa Baru (Maba) penting untuk dibina dan dididik sejak awal. Termasuk mengajarkan untuk memiliki sifat kepedulian terhadap sesama. Mengingat, saat ini mereka mengalami masa transisi dari SMA ke Perguruan Tinggi.

Oleh karena itu, Hari Raya Idul Adha 1440 H merupakan moment tepat bagi STIE Perbanas untuk mengajak para Maba turut serta ambil bagian dalam kegiatan sosial membagi bagikan daging qurban ke kaum Duafa dan masyarakat kurang mampu.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si. dalam kesempatan kegiatan membagi bagikan daging qurban pada Minggu, 11 Agustus 2019 di Kampus 2 STIE Perbanas Jalan Wonorejo Utara Surabaya. 

Dr. Yudi menyampaikan bahwa, keterlibatan Maba dalam momen Hari Kurban ini, merupakan bentuk penanaman nilai-nilai karakter. Dengan begitu, sikap peduli Maba terhadap sesama akan tumbuh dan berkembang dalam kepribadiannya.

“Akhirnya nanti, lulusan STIE Perbanas Surabaya tidak hanya pandai dalam akademik saja, melainkan juga kreatif, inovatif, serta tanggap pada lingkungan yang berbasis pada era revolusi industri 4.0,” ucap Yudi disela sela pembagian daging qurban untuk kaum Duafa, Minggu, (11/08/19).

Dengan demikian, para Maba diharapkan bisa beradaptasi terhadap lingkungan yang baru. Bahkan, mereka bisa open minded agar bisa go international. Hal itu tentu diselaraskan dengan program student exchange STIE Perbanas Surabaya, seperti Transfer Academic Award at Utrecht University The Netherlands dan Student and Faculty Member Exchange ke Filipina maupun Thailand.

Dalam kegiatan sosial yang membagikan daging qurban sekitar 600 kantong dari 7 ekor Sapi dan 3 ekor kambing untuk kaum Duafa dan masyarakat kurang mampu tersebut diikuti Maba STIE Perbanas Surabaya angkatan 2019 yang tergabung acara Harmoni 2019 Gugus 1.

Ketua Tim Acara 2019, Achmad Saiful Ulum, S.AB., M.AB., mengatakan bahwa, sosialisasi kehidupan kampus (SKK) STIE Perbanas Surabaya yang dikenal dengan kegiatan HARMONI, mengusung konsep berbeda di setiap gugusnya.

“Kali ini, mahasiswa diajak untuk memiliki sikap peduli dengan cara berpartisipasi aktif dalam kegiatan kurban. Berawal dari sikap peduli inilah, nantinya para mahasiswa baru akan cepat beradaptasi terhadap hal-hal baru di dunia kampus,” terang Saiful.

Hal senada juga disampaikan Putri Agustina Mahasiswi STIE Perbanas Prodi S1 akutansi bahwa, kegiatan ini merupakan kegiatan positif untuk adik adik Maba. Karena, di STIE Perbanas tidak saja belajar akademik tapi juga melatih empati mahasiswa kepada masyarakat.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para Maba bisa memiliki karakter yang lebih baik. Sehingga, bisa bermanfaat tidak saja dilingkungan kampus tapi juga saat beradaptasi langsung dilingkungan masyarakat,” ungkap Putri.

STIE Perbanas Surabaya berharap, para Mahasiswa Baru bisa menjadi mahasiswa yang tidak saja cerdas dalam akademik, juga kreatif, inovatif, serta tanggap pada lingkungan dan masyarakat. (Tls)