Wanita Jawa Timur Sambut Hari Kartini Dengan Menggelar Pameran Dekranasda

Surabaya (wartasas.com) – Dalam rangka menyambut Hari Kartini 2018, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, menggelar pameran bertajuk Kartini’s Day “Perempuan dan Karya” yang didedikasikan untuk memperingati Hari Kartini.

Acara Kartini’s Day “Perempuan dan Karya” yang dibuka dan diresmikan pada Rabu, 18 April 2018 di Atrium Mall Grand City Surabaya, dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda Prov. Jawa Timur, Dra. Hj. Nina Soekarwo, M.Si.

Dra. Hj. Nina Soekarwo dalam sambutannya menyampaikan bahwa, penyelenggaraan acara Kartini’s Day bertujuan untuk mengingatkan bahwa kaum perempuan memegang peranan penting dalam sejarah perjuangan bangsa dan pembangunan Indonesia.

“Ibu kita Kartini merupakan inspirator besar sekaligus pejuang bangsa yang menjadi ilham bagi kaum perempuan dari masa ke masa yang dengan gigih memperjuangkan kaum wanita dari kebodohan dan keterbelakangan,” tutur Bude Karwo dalam sambutannya, Rabu, (18/04/18).

“Kartini bukan hanya mengkritisi budaya yang menindas kaum perempuan tapi juga membangun apa yang sudah dikritiknya. Ia membangun kesadaran kaum perempuan pada kapasitas dan kemampuan mereka melalui institusi pendidikan yang dibangunnya,” tambahnya.

Dalam kesempatan peresmian tersebut sebanyak 31 organisasi wanita dan kemasyarakatan memberikan penghargaan kepada Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, atas jasa-jasanya memberikan inspirasi bagi para perempuan di Jatim untuk selalu mendedikasikan dirinya bagi keluarga dan masyarakat.

Ke-31 organisasi wanita dan kemasyarakatan tersebut diantaranya Persit Kartika Candra Kirana, Jalasenastri, Ikatan Istri Pegawai OJK, Himpunan Ratna Busana, Ikatan Istri Pimpinan BUMN Jatim, IWAPI Jatim, dan Asosisai Perajin Batik Jawa Timur.

“Terimakasih atas penghargaan yang diberikan. Berkat bapak ibu semua Provinsi Jatim dinobatkan sebagai pemerintah terbaik dalam penilaian se-Indonesia baik dari sisi pemerintahan maupun pertumbuhan ekonominya,” terang Bude Karwo penuh senyum.

Bude Karwo dianggap layak dan pantas mendapatkan penghargaan karena juga giat melakukan kegiatan untuk mengentaskan kemiskinan dan pemberdayaan (empowering) kaum perempuan.

Ditempat yang sama, Ketua Himpunan Ratna Busana Jatim, Nuniek Silalahi mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada Bude Karwo ini sebagai bentuk ungkapan rasa cinta dan terimakasih dari masyarakat kepada ibunya masyarakat Jatim.

“Selama hampir 10 tahun ini, beliau telah menggunakan sebagian besar waktunya untuk mengabdikan dirinya demi kesejahteraan masyarakat. Dan, pemberian penghargaan ini berdasarkan rasa cinta, tulus dari hati yang paling dalam,” terang Nuniek.

“Ibu (Bude Karwo) adalah Kartini masa kini, apa yang ibu lakukan merupakan perwujudan dari cita-cita Kartini. Ibu selalu ada di hati kami,” ungkapnya.

Dalam acara pembukaan ini, diisi peragaan busana bertajuk ‘Perempuan Kebaya dan Batik’ dan penampilan 21 wanita yang melukis bersama-sama. Acara yang berlangsung dari tanggal 18-22 April ini diramaikan dengan berbagai lomba, talkshow serta stand pameran yang terdiri dari fashion, furniture, aksesoris, serta berbagai stand kuliner khas Jatim seperti rawon dan pecel. (Tls)