Surabaya Heritage Festival Gelar Pameran Benda Kuno

Surabaya (wartasas.com) – Minat masyarakat akan benda benda kuno ternyata masih tinggi. Terbukti ketika diadakannya pameran Surabaya Heritage Festival yang memamerkan benda benda kuno seperti uang logam, perangko dan lainnya diserbu banyak pengunjung.

Pameran Surabaya Heritage Festival yang digelar selama satu minggu dari 13 hingga 19 Maret 2017 lalu di Surabaya Plaza Mall cukup menarik perhatian masyarakat terutama para pecinta benda benda kuno.

Ali Budiono salah satu panitia Surabaya Heritage Festival saat dijumpai dalam pameran menyampaikan, bahwa sengaja mengadakan pameran bersama karena tingginya minat masyarakat akan benda kuno.

“Komunitas pecinta uang kuno, perangko kuno dan benda kuno sudah terbentuk mulai 18 Januari 2017. Dan ini pameran pertama kami. Semua benda yang dijual adalah milik para kolektor yang menempati 34 stan.” Kata Ali ketika dijumpai disela sela pameran.

“Banyak masyarakat yang datang kemari menawarkan benda kuno seperti keramik kuno dan sebagainya. Pameran ini bertujuan berbagi kepada para pemula kolektor. Harga jual barang antik yang kami tawarkan beragam, seperti mata uang kuno mulai dari 5 ribuan hingga ratusan juta sesuai tahun dan kondisi barangnya,” tambahnya.

Pameran diselenggarakan oleh Surabaya Vintage Community yakni komunitas kolektor perangko kuno (filateli), mata uang kuno (numismatic) dan benda kuno. Para pengunjung yang datang dari dalam hingga luar kota tak hanya para kolektor tapi juga para pemula yang belajar mengoleksi benda antik.

Ali Budiono menjelaskan, dengan adanya pameran benda kuno tidak saja terjadi jual beli tapi juga memberikan informasi dan tambahan teman sesama pecinta benda kuno untuk menambah koleksi.

“Saya menjadi kolektor sudah 25 tahun dan mendapatkan barang kuno lewat komunitas. Cara merawat benda kuno itu sangat mudah hanya dilap saja kalau keramik, tapi kalau uang harus disimpan dengan lapisan plastik,” ungkap Ali. (dwi)