Sambut Hari Batik, Batik Chic Gelar Fashion Show di Surabaya

Surabaya (wartasas.com) – Berdasarkan Keputusan Presiden nomor 33 tahun 2009, setiap  tanggal 2 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional, sebagai wujud melestarikan warisan Budaya Indonesia.

Untuk memperingati Hari Batik Nasional 2017, Batik Chic memiliki cara unik dan berbeda untuk mewujudkan kepedulian sekaligus kecintaan terhadap kebudayaan leluhur Indonesia dengan menggelar Fashion Show.

Roadshow Fashion Show dengan tema “Sehelai Wastra Cinta Untuk Indonesia” yang digelar pada Rabu, 18 Oktober 2017 di kota Surabaya, dibuka langsung oleh Fatma Saifullah Yusuf istri Wagub Jatim, dengan menggandeng Bumi Surabaya City Resort dan Bank Jatim Prioritas.

Pendiri Kreatif Batik Chic Novita Yunus ketika dijumpai dalam acara fashion show Batik Chic, mengatakan bahwa, acara fashion show yang digelar hari ini, (18/10) merupakan rangkaian acara  menyambut Hari Batik Nasional.

“Ini merupakan salah satu cara Batik Chic melestarikan kebudayaan batik dan menumbuhkan rasa cinta masyarakat khususnya kaum muda terhadap kebudayaan leluhur Indonesia terutama produk budaya asli Indonesia yaitu batik,” kata wanita cantik yang biasa disapa Novi saat ditemui dalam acara fashion show di Surabaya, Rabu, (18/10/17).

“Semoga, dengan seringnya kita menggelar roadshow dan fashion show batik, masyarakat semakin mengenal dan mencintai batik. Tidak saja dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional namun batik menjadi busana keseharian yang modern,” tambahnya.

Selain peragaan busana, dalam acara ini juga digelar bazaar produk koleksi Batik Chic bertema ” A love Of Java And Madura”, “Bumi Langit – roadshow from BC Word Adventure”, dan ” A Love Of Jambi”.

Novita Yunus menambahkan bahwa koleksi yang dimiliki oleh Batik Chic, sebelumnya pernah dibawakan pada acara bertaraf internasional seperti koleksi Bumi Langit dibawakan pada acara Amazon India Fashion Week 2017 dan terakhir pada acara Fashion di Italia.

Dikesempatan yang sama Novi Amelia, Marketing Communication Executive Bumi Surabaya City Resort mengatakan, pihaknya sangat mendukung acara yang di selenggarakan oleh Batik Chic dikarenakan sebagai wujud kepedulian akan pelestarian kebudayaan Indonesia yaitu Batik.

“Kita sangat mendukung acara yang memuat kearifan lokal dan melestarikan serta memperkenalkan warisan budaya bangsa Indonesia kepada masyarakat dan dunia internasional,” terang Novi.

Seniman dan Pecinta Batik sekaligus Pimpinan Sub. Div. Prioritas Banking Bank Jatim Prioritas, Lerem Pundilaras juga menambahkan, bahwa peran dan support Bank Jatim khususnya Jatim Prioritas dalam acara Batik Chic untuk mengangkat produk dalam negeri yakni wastra nusantara dan juga aksesories etnik karya pengrajin umkm.

“Namun, sebagai seniman untuk mewujudkan kecintaan akan kebudayaan Indonesia terutama batik, saya selalu berusaha mensosialisasikan batik dengan mengembangkan batik dan bahkan berkain yang simple namun tetap bisa beraktifitas seperti biasa. Agar masyarakat terutama generasi muda dapat lebih mencintai batik,” papar wanita anggun tersebut. (Tls)