Pesona Kriya Wastra Indonesia, Wujud Kecintaan Batik

Surabaya (WartaSAS) – Pameran Batik Fashion 2016 dengan tema Pesona Kriya Wastra Indonesia yang digelar oleh PT. Debindo Mitra Tama di Grand City Mall Surabaya, sebagai identitas dan warisan budaya bangsa Indonesia agar semakin berkembang baik dari segi motif, pola dan ragam hias yang belum diketahui oleh masyarakat luas.

Opening Ceremonial Pesona Kriya Wastra Indonesia yang digelar pada Rabu, 23 November 2016, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan kota Surabaya Drs. Widodo Suryantoro, MM. Turut hadir Ketua Umum (Ikatan Pemberdayaan Pedagang Kecil Indonesia) IPPKINDO Hj.Titi Muktiani Cacuk Sudarijanto dan perwakilan dari Kementrian Perdagangan dan Perindustrian.

Dalam kesempatan acara ceremonial, Kepala Dinas Perdagangan kota Surabaya Drs. Widodo Suryantoro, MM. Mengatakan, bahwa diadakannya pameran batik tersebut bertujuan agar masyarakat luas khususnya warga kota Surabaya mengetahui berbagai macam jenis batik yang ada diberbagai daerah.

3

“Dengan diadakannya pameran Batik ini diharapkan masyarakat semakin mencintai karya dalam negeri, terutama Batik.” Ucap Widodo disela sela pembukaan Batik 2016, Rabu, (23/11/16).

Dengan mengusung tema ‘Pesona Kriya Wastra Indonesia’, Pameran BATIK FASHION 2016 digelar untuk pertama kalinya menjelang akhir tahun ini atas dukungan dan kerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Surabaya serta Dekranasda Jawa Timur.

Dikesempatan yang sama, Direktur Utama PT Debindo Mitra Tama, Dadan Kushendarman juga menyampaikan, Pameran Batik Fashion 2016 sebagai sarana promosi dan pemasaran produk fashion batik maupun fashion muslim kepada masyarakat luas secara langsung.

“Pameran ini diikuti lebih dari 130 peserta dari seluruh Indonesia dan terbagi dalam 170 stan yang menampilkan berbagai produk, desain dan motif pilihan batik, baik tradisional, etnik, maupun modern dari kalangan pengusaha industri dan pengrajin batik, bordir, tenun, songket, sulaman, busana tradisional, serta beragam produk fashion dan aksesoris terkini,” kata Dadan.

1

Event ini digelar dengan maksud dan tujuan memberi apresiasi dan kesempatan yang seluas luasnya kepada para pengusaha serta pengrajin batik dan bordir daerah untuk dapat lebih meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas, produktintas maupun jaringan pasar secara maksimal di pasar global.

Diketahui, Batik sudah menjadi ikon warisan budaya bangsa Indonesia dan eksistensi batik sudah merambah pada segala jenis produk fashion tanah air termasuk kain atau busana yang setiap saat dipakai segala lapisan masyarakat Indonesia baik sebagai busana resmi acara kenegaraan, pakaian dinas kerja, busana pesta, busana adat, busana wisata, maupun pakaian sehari hari.

Di pameran juga akan digelar berbagai talkshow, fashion show, lomba drapping, lomba mewarnai, demo tata rias, dan donor darah untuk menyemarakkan pameran Batik 2016. (dwito)

 

Add a Comment