Sejong Culture Academy Petra, Ajarakan Mahasiswa Kebudayaan Korea

Surabaya (wartasas.com) – Banyak diberbagai negara termasuk masyarakat Indonesia khususnya anak anak muda lagi demam Hallyu atau Korean Wave yang merebak secara global sehingga menyebabkan banyak orang ingin mempelajari bahasa dan kebudayaan Korea.

Banyak cara untuk mempelajari Korea salah satunya seperti yang dilakukan oleh King Sejong Institute (KSI) Surabaya di kampus UK Petra melalui gelaran Sejong Culture Academy.

Acara gelaran Sejong Culture Academy yang digelar selama tiga hari sejak tanggal 11 hingga 13 Agustus 2018 di Gedung kampus UK Petra, Surabaya diisi dengan berbagai kegitana seperti Opening Ceremony, K-Beauty Class, Hanbok, Korean Food, K-Pop dance hingga completion ceremony.

Dr. Liliek Soelistyo, M.A. selaku Direktur KSI Surabaya di UK Petra mengatakan bahwa, Sejong Culture Academy merupakan salah satu program jangka pendek untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman mengenai kebudayaan Korea mulai dari makanan, pakaian tradisional dan lain-lain pada murid KSI serta masyarakat umum terutama di Surabaya secara gratis.

Dalam gelaran ini, mendatangkan langsung orang Korea bernama Lee Jin Tack dan Kim Mi Sook, koki dan dosen memasak dari Korean Food Promotion Institute di Korea.

Lee Jin Tack dan Kim Mi Sook akan mengajarkan para peserta yang berjumlah 30 orang itu membuat kue tradisional khas Korea yaitu Dasik. Makanan berbahan dasar tepung kacang dan dicampur madu ini dibuat dengan cara ditekan menggunakan cetakan berpola. Pola-pola ini dianggap melambangkan kesehatan dan kemakmuran. Kue ini biasanya disajikan pada acara-acara khusus misalnya seperti pernikahan.

“Acara ini merupakan program dari King Sejong Foundation, Korea, dengan mendatangkan ahli dari Korea langsung agar para peserta bisa berinteraksi secara langsung dengan para ahli dari Korea sehingga juga mendapatkan pengalaman internasional,” papar Dr. Liliek.

Pada penutupan acara nanti pada Senin, (13/08) akan ditutup dengan acara Completion Ceremony yang menyajikan berbagai macam kegiatan mulai dari sajian makanan Korea, Kpop Dance dari murid KSI Surabaya, pertunjukan dari foundation Korea hingga penyerahan sertifikat. (Tls)