SD Mudipat Pucang Tanamkan Berteloransi Sejak Dini

Surabaya (wartasas.com) – Menyambut bulan suci ramadhan 1439 H, SD Muhammadiyah 4 (Mudipat) Pucang Surabaya mengajak siswa siswinya untuk mengisi dengan kegiatan kegiatan positif. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan Darul Arqom (Pondok Ramadan red).

Kegiatan Darul Arqom bertemakan “Islam Agamaku, Muhammadiyah Gerakanku” pada Senin, 28 Mei 2018 di Gedung SD Mudipat Pucang Surabaya diikuti 278 siswa dari kelas 5 dengan menghadirkan narasumber Kasat Binmas Sri Andriyany dari Polrestabes Surabaya.

Edy Santoso, selaku Kepala Sekolah SD Mudipat Pucang mengatakan bahwa, kegiatan Darul Arqom dengan memaparkan tentang “Teloransi” ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1439 H.

“Kegiatan ini merupakan upaya SD Muhammadiyah 4 Surabaya untuk wujudkan generasi muda yang sejak dini menghargai perbedaan. Untuk itu, tema yang disampaikan adalah Teloransi,” ucap pria ramah yang akrab disapa Edy saat dijumpai disela sela acara Darul Arqom, Senin, (28/05/18).

“Kegiatan Darul Arqom kali ini dibilang menarik dan istimewa, karena pengisi materi tentang Teloransi langsung dari kepolisian. Memberikan materi toleransi saat ini dinilai sangat perlu sebagai pondasi awal pemikiran yang luas tentang kebhinekaan yang memang ciri khas Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, masih kata Edy dengan adanya kegiatan seperti ini juga mengajarkan anak anak untuk lebih mengenal teloransi baik teloransi dalam beragama, bermasyarakat maupun berteman sejak dini. Sehingga, mereka, semakin memahami bahwa perbedaan itu nyata dan tidak perlu ditakuti apalagi diperangi, tapi harus diperkuat kesatuannya.

Acara semakin terlihat seru dan antusias tatkala pengisi materi Kasat Binmas Sri Andriyany mengajak anak anak untuk membacakan Pancasila dan lagu kebangsaan Indonesia dengan diberikan apresiasi yang menarik bagi anak anak yang berani maju kedepan.

“Ternyata adik adik SD Mudipat Pucang berani dan pandai. Terbukti setiap kali diberikan pertanyaan tidak sedikit yang berebut untuk maju dan menjawab,” terang Kasat Binmas Sri Andriyany sambil tersenyum bangga.

Siswa-siswi yang berpartisipasi aktif, mendapatkan hadiah berupa tas dan alat tulis. Selain itu, rencana nya juga akan diadakan kegiatan lanjutan, yakni berbuka bersama tiga panti asuhan disekitar sekolah dan pembagian sovenir.

“Untuk itulah perlunya diberikan pemaparan tentang apa itu teloransi yang harus disampaikan  sejak dini kepada para siswa siswi SD. Agar, adik adik dapat tumbuh menjadi generasi yang lebih baik,” ungkapnya. (Tls)