PT. Pertamina Lubricants Dukung Tim “Sapuangin Speed” 5 Berlaga di Japan

Surabaya (wartasas.com) – Bukti kehebatan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali ditunjukkan kepada dunia dalam karya terbaiknya yaitu  mobil balap “Sapuangin Speed” (SAS) 5.

Peluncuran “Sapuangin Speed” (SAS) 5 sekaligus bukti perbaikan diri dalam ajang balap dunia yang dulu mendapatkan peringkat Ke 27 dunia.

Dalam peluncuran mobil Sapuangin Speed (SAS) 5 pada Jumat, 25 Agustus 2017 di ITS Surabaya, yang juga didukung oleh PT. Pertamina Lubricants perusahaan pelumas kelas dunia, sekaligus merupakan uji coba sebelum kembali dilombakan dalam ajang Student Formula Japan 2017

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD dalam sambutannya, mengatakan, ITS Surabaya melalui ITS Team Sapuangin resmi meluncurkan mobil Sapuangin Speed (SAS) 5. Mobil balap formula ITS generasi kelima ini diklaim bertenaga maksimal 81,6 KW.

“Setelah melalui berbagai evaluasi panjang, kami yakin tahun ini ITS akan mampu masuk dalam 10 besar di kompetisi Student Formula Japan ini. Karena sebelumnya diajang balap, ITS Surabaya mendapatkan posisi ke 27,” kata Joni dalam sambutannya penuh semangat, Jumat, (25/8/17).

“Untuk evaluasi kali ini, tim merombak dari sisi engine performance serta body design. Terutama merombak total permesinan mobil dengan empat silinder dan perbandingan kompresi 12,8:1. Dengan demikian kami yakin tidak akan mengalami kendala yang berarti seperti tahun sebelumnya,” tambah Rektor ITS penuh percaya diri.

Hal senada diamini oleh Dr Ir Atok Setiawan MEngSc selaku pembimbing dari ITS Team Sapuangin, bahwa mencapai peringkat 52 di tahun 2014 SAS terus membuktikan diri menjadi lebih baik.

“Dengan pencapaian peringkat 49 di tahun 2015 dan 27 di tahun 2016, tidak menutup kemungkinan ITS bisa merangkak sejajar dengan tim papan atas tahun ini,” terang dosen Departemen Teknik Mesin ini.

Dikesempatan yang sama, GM Pertamina Marketing Operation Region V Herman M Zaini mengatakan Pertamina sangat bangga bisa menjadi bagian dari ITS TIM Sapuangin yang mengikuti Student Formula Japan (IPA) 1 untuk kelima kalinya.

“Semoga tim ini bisa lebih berprestasi dengan membawa nama produk Pertamina dan tim ini menjadi kebanggaan untuk Indonesia di dunia. Hal ini juga membuktikan bahwa Pertamina mendukung pemuda berprestasi di kancah internasional,” papar Herman.

“PT. Pertamina Lubricants sebagai produsen pelumas dengan kualitas terbaik karya anak bangsa senantiasa mendukung kegiatan yang membuktikan prestasi Indonesia di kancah intemasional dan ini merupakan salah satu langkah menuju Pertamina mendunia,” imbuhnya.

Dijelaskan juga, mobil “Sapuangin Speed” (SAS) 5 menggunakan Pelumas Pertamina yang digunakan pada saat launching hingga balapan nanti. Ini sebagai wujud PT. Pertamina Lubricants kembali menunjukkan komitmennya dalam menjadi perusahaan pelumas kelas dunia.

Rencananya, tim yang beranggotakan mahasiswa dari Departemen Teknik Mesin, Teknik Fisika, dan Teknik Material ini akan bertolak ke Ecopa Stadium, Shizuoka Prefecture, Jepang pada 2 September 2017 untuk berlaga di ajang Student Formula Japan 2017 yang berlangsung pada 5 – 9 September 2017. (Tls)