Pelantikan 271 Perwira Pelaut Poltekpel Berlangsung Penuh Haru dan Bahagia

Surabaya (wartasas.com) – Pelantikan Perwira Transportasi Laut angkatan Ke-38 tahun 2018 merupakan titik awal perjalanan panjang pengabdian para lulusan bagi bangsa dan negara khususnya di sektor maritim.

Hal tersebut disampaikan secara lantang oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Ir Umiyatun Hayati Tri Astuti M.Sc saat menjadi inspektur upacara pelantikan 271 Perwira Pelaut Poltekpel Surabaya, pada Sabtu, 12 Mei 2018 di Halaman Kampus Poltekpel Surabaya.

Lembaga pendidikan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya kembali melantik 271 Perwira Transportasi Laut yang telah menyelesaikan study ilmu kepelautannya.

Ir Umiyatun Hayati Tri Astuti dalam sambutannya menyampaikan bahwa, wisudawan perwira transportasi laut merupakan generasi penerus yang akan mengabdikan diri kepada negara sebagai pengawal maritim Indonesia.

“Sekaligus, akan menjadi ujung tombak dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” ucap wanita ramah yang akrab disapa Hayati usai melantik 271 Perwira Pelaut Poltekpel Surabaya, Sabtu, (12/05/18).

“Semoga pendidikan vokasi semakin maju seperti yang diamanahkan Menteri Perhubungan. Apalagi Indonesia adalah Negara maritime,” tambahnya.

Dijelaskan juga oleh Hayati, dari 271 perwira yang dilantik, terdiri dari Program Diploma III sebanyak 212 orang (jurusan Nautika 102 orang dan jurusan Teknika 110 orang), Program Diploma III Pembentukan sebanyak 23 orang (jurusan Nautika 7 orang dan jurusan Teknika 16 orang), serta Program Diploma IV Pembentukan sebanyak 36 orang perwira transportasi laut yang terdiri daru jurusan Nautika 18 orang dan jurusan Teknika 18 orang.

“Untuk membangun lapangan kerja bagi para lulusan Poltekpel Surabaya, kita bekerjasama dengan semua pihak. Baik dengan beberapa perusahaan pelayaran nasional maupun asing. Seperti yang kita lakukan penandatanganan kerja sama dengan perusahaan pelayaran dari Singapura, Hong Lam yang meminta 8 orang taruna lulusan Poltekpel Surabaya,” terang Hayati.

Ditempat yang sama, Direktur Poltekpel Surabaya, Capt. Heru Susanto, MM mengungkapkan upacara wisuda tersebut sekaligus menjadi momentum pelantikan perwira transportasi laut.

“Melalui kegiatan ini, kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada perwira tranportasi laut atas prestasi akademik yang dicapai dalam program pendidikan DP-III dan DP-IV,” papar Heru.

Capt. Heru berpesan kepada taruna maupun taruni yang telah diwisuda untuk dapat menjadi pribadi yang totalitas ketika kelak telah memasuki dunia kerja. Dan, wisudawan dapat mengabdi dan membawa nilai-nilai almamater yang direpresentasikan melalui karakter disiplin yang humanis.

Dalam pelantikan wisuda kali ini, Poltekpel Surabaya juga mengukuhkan dua taruna taruni terbaik dari program DP-III diantaranya Daris Zumrodah Amalia (Jurusan Nautika) IPK 3,45 dan Rastra Wahyudityana (Jurusan Teknika) IPK 3,56. (Tls)