Pacu Prestasi Mahasiswa, Unesa Selenggarakan Pilmapres 2019

Surabaya (wartasas.com) – Untuk memacu para mahasiswa terus berprestasi dan berkreasi yang lebih maju di era digital, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kembali menggelar kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) 2019.

Kegiatan Pilmapres 2019 yang diselenggarakan pada Selasa, 12 Maret 2019 di Gedung Rektorat Lantai 11, Unesa Kampus Lidah Wetan, dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Dalam sambutannya, Agus Haryanto mengatakan bahwa, mahasiswa berprestasi merupakan aset terpenting yang dimiliki institusi perguruan tinggi. Mereka perlu terus dibina dalam wadah yang memungkinkan potensinya terus mengalami perkembangan.

“Oleh karena itu, kegiatan Pilmapres ini sangat perlu dilakukan. Pilmapres itu sebagai rangkaian kegiatan yang berkelanjutan dalam mengakomodasi semua tingkat kemampuan mahasiswa. Jika Pilmapres untuk mahasiswa prestasi, maka banyak pula kegiatan pembinaan dan pelatihan lain agar semuanya bisa berprestasi,” kata Agus dalam sambutannya, Selasa, (12/03/19).

“Yang berprestasi akan didorong agar tetap berprestasi, dan yang belum berprestasi akan terus dibina dan dilatih agar bisa berprestasi. Kampus punya tanggung jawab untuk itu. Maka dari itu, mahasiswa semuanya harus memiliki prestasi,” tambahnya.

Masih menurut pengajar di Fakultas Ilmu Olahraga ini, bahwa, kampus akan memberikan penghargaan yang tinggi kepada mahasiswa, jika nantinya mereka bisa membawa pulang medali di tingkat Nasional.

“Tidak boleh disebutkan dulu rewardnya, yang jelas, yang berprestasi akan mendapat penghargaan. Kampus tidak akan menyia-nyiakan itu. Dan, semoga ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya,” terangnya.

Pilmapres adalah kegiatan tahunan khusus untuk mahasiswa berprestasi. Sehingga tidak heran, peserta yang hadir dalam acara itu adalah yang terbaik dari masing-masing jurusan dan fakultasnya. Peserta tidak hanya dari Strata satu (S1), namun juga dari program Diploma. Ada 9 mahasiswa perwakilan dari tiap fakultas. Tim juri langsung dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) dan dibantu dari para juri Internal Unesa sendiri.

Di hadapan para juri para peserta unjuk kebolehan yang mencakup aspek akademis, kepribadian, dan juga kemampuan bahasa asing. Aspek akademik selain IPK yang diraih selama proses perkuliahan, juga dari hasil karya ilmiah dan kemampuan mempresentasikannya di hadapan juri.

Setelah melewati tahapan unjuk ide dan kreatifitas, dari sepuluh peserta yang terpilih sebagai juara satu adalah Betzy Alimanda Ansori dari prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik. Kemudian juara dua adalah Nanda Taufiqisyah Nir Alfan dari prodi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Olahraga. Kemudian juara tiga diraih oleh Jihan Permata Aji dari prodi Ekonomi Islam  Fakultas Ekonomi. Selanjutnya dari Jenjang diploma, Juara pertama diraih oleh Nindiya Citra Utami dari Prodi D3 Akuntansi. (Tls)