Mahasiswa Ubaya Ciptakan Tren Fashion Asal Jepang

Surabaya (wartasas.com) – Mahasiswa Universitas Surabaya kembali menunjukkan eksistansinya sebagai mahasiswa yang kreatif dan cerdas. Kali ini, sebanyak tujuh mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya Jurusan Desain Fahion dan Produk Lifestyle yang lulus tahun 2016 mengapresiasikan kelulusannya dengan memamerkan karya tugas akhir.

Produk hasil karya ketujuh mahasiswa tersebut akan dipamerkan, pada Sabtu, 3 Desember 2016 di Gedung PF Kampus Tenggilis Universitas Surabaya, dalam konsep  Graduation Show dengan tema Tancy.

Evlin Alvionita merupakan salah satu mahasiswa yang akan memamerkan hasil karyanya yang memiliki konsep Kinzoku, kepada masyarakat luas. Dihadapan awak media, ketika dijumpai di kampus Ubaya, mengatakan, Kinzoku hasil praktek dari  mata kuliah  Local Content Design Project, Evening Gown Design Project, dan Mens Wear Design Project.

2

“Kinzoku sendiri berarti Metal. Saya dalam pengerjaan karya ini, terinspirasi dari Baju Zirah Samurai. Karya-karya saya berjenis City Wear dengan memakai bahan-bahan seperti polyester linen, Organdi, Duchesse Sateen, dan juga printed fabric.”Kata Evlin saat ditemui dikampus Ubaya, Jumat, (2/12/16).

“Semua baju dapat dipakai untuk kerja tetapi juga bisa dipakai hang out. Dari baju zirah samurai, banyak hal yang bisa dikembangkan seperti Obi Belt, High Slit, Inverted Box Pleats dan juga Cut Out,” tambahnya.

Mahasiswa memiliki konsep dan inspirasi yang berbeda-beda melalui  40 desain pakaian dan 15 asesoris selama 1 semester, kemudian 1 semester berikutnya mereka harus menjahit sendiri karya mereka minimal 3 pakaian dan 2 sisanya boleh di serahkan kepada penjahit, termasuk 5 sepatu dan asesoris lainnya. 40 desain tersebut terbagi atas 4 jenis baju yaitu casual, City Wear, Coctail dan Evening Wear.

3

“Mahasiswa memang diwajibkan untuk menjahit sendiri karya mereka, karena seorang desainer selain bisa merancang desain, tetapi juga harus dibekali dengan kemampuan produksinya,” tandas Hany Mustikasari, S.Sn Kepala Program Desain Fashion dan Produk Lifestyle.

Dalam acara Graduation Show Mahasiswa akan meragakan 85 busana karya mahasiswa Desain Fashion and Produk Lifestyle. Graduation Show akan mendatangkan juri terkenal  dikiprahnya dalam bidang  fashion, seperti Aryani Widagdo, founder dari Arva School of Fashion, Yunita Kosasih dan Geraldus Sugeng yang berprofesi sebagai Fashion Designer.

Selain Evlin Alvionita dengan konsep Kinzoku, ada Kezia Natali Wibowo dengan konsep Touchė, Anggraeni Vania konsep Metric Vibes, Cinthia Kumala Singgih konsep Soho’s Arch, Grace Priskila konsep Archigeo, Fenny Ayu Robiyanti konsep Pluidtation, dan Yosephine Meliana Dewi mengusung konsep The Transition. (Tls)

Add a Comment