Tim Dokter RS PHC Berhasil Angkat Tumor Bocah 7 Tahun

Surabaya (wartasas.com) – Untuk menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat tidak mampu, PT Pelabuhan Indonesia IlI (Persero) atau Pelindo III, kembali menggelar bakti sosial dengan membantu pasien penderita tumor gusi.

Kali ini, bersama tim dokter RS Primasatya Husada Citra (RS PHC) Pelindo III membantu meringankan beban pasien penderita tumor gusi yang baru berusia 7 tahun.

Tim dokter RS Primasatya Husada Citra (RS PHC) berhasil mengangkat tumor gusi (Chembism) yang diderita Shinwan Bintang Wiratama (7) bocal asal Blitar, Jawa Timur. Operasi pengangangkatan tumor yang dilakukan pada Kamis, 5 Januari 2017 melibatkan tim dokter spesialis yang terdiri dari 7 orang yang diketuai oleh dokter Urip Murtedjo.

Direktur SDM dan Umum Pelindo llI Toto Heliyanto ketika dijumpai di RS PHC mengatakan,  bahwa operasi dilakukan setelah mendapat persetujuan dari orang tua Bintang. Sang ayah, Joko Sapuan menerima tawaran Pelindo III yang hendak memberikan bantuan dalam upaya penanganan penyakit yang diderita putranya.

“Kami tergugah membantu keluarga Joko Sapuan untuk menawarkan upaya pengobatan secara gratis hingga sembuh terhadap putranya Bintang yang menderita tumor gusi sejak usia 1 tahun.” Ucap Toto ketika dijumpai di RS PHC, Senin, (9/1/17).

“Operasi berjalan lancar, setelah lebih dari 5 jam dilakukan. Tumor yang bersarang pada diri Bintang dapat diangkat. Dan saat ini, Bintang tengah menjalani proses penyembuhan pasca operasi dengan terus dipantau kesehatannya oleh tim dokter. Kita lihat perkembangan pasca operasinya,” tambahnya.

Toto menyebutkan, jika Pelindo III berkomitmen untuk membantu penanganan operasi Bintang hingga selesai dan dinyatakan sembuh. Hal itu tak lepas dari potensi yang dimiliki anak tersebut yang sempat menjadi salah satu juara kelas. Namun, karena penyakitnya , Bintang tak dapat lagi melanjutkan sekolah.

Ketua tim dokter operasi dokter Urip Murtejo menambahkan, jika tumor yang diderita oleh Bintang bukan kategori tumor ganas. Namun demikian apabila tidak segera ditangani akan mengakibatkan gangguan lain didalam tubuh penderita Gangguan tersebut mulai dari gangguan pernafasan hingga gangguan penglihatan.

“Pasca operasi kami lakukan evaluasi 1 hingga 3 bulan ke depan apakah ada peningkatan tumor atau tidak Tetapi karena ini tumor jinak kemungkinan akan berangsur menghilang,” ungkap Urip Murtejo..

Sementara itu Sekretaris Perusahaan Pelindo III Yon Irawan mengatakan penanganan kasus Bintang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan melalui progan bina lingkungan.

“Pelindo III sebagai BUMN merupakan bagian dari pemerintah dalam upaya menyejahterakan masyarakat Kementerian BUMN sendiri telah memerintahkan seluruh perusahaan BUMN untuk berperan aktif dalam upaya tersebut,” kataYon Irawan.

“Pelindo III pada tahun 2015 lalu telah menyalurkan dana bina lingkungan sebesar Rpl 11,27 miliar. Dari jumlah tersebut, porsi terbesar disalurkan untuk bantuan bidang sosial pengentasan kerriskinan sebesar Rp3,07 miliar,” terangnya.

Joko Sapuan ayah dari pasien tumor gusi, ketika ditemui mengatakan banyak terima kasih terhadap pihak Pelindo III dan RS PHC yang telah membantu operasi putra nya dengan ikhlas.

“Saya tidak tahu harus membalas dengan apa, atas kebaikan semua yang telah dilakukan Pelindo III dan RS PHC. Semoga Tuhan membalas semua budi baiknya,” urai Joko dengan mata berkaca kaca. (Tls)

Add a Comment