Mengenal tanaman herbal di sekitar kita

Herbal  merupakan tumbuhan yang mempunyai nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal.

Saat ini sudah bukan suatu yg langka atau aneh jika kita melihat banyak penderita penyakit lebih melirik pengobatan menggunakan bahan – bahan herbal, hal ini dapat kita jumpai di  rumah – rumah sakit yang juga mulai banyak menyediakan pilihan kepada para pasien untuk memperoleh perawatan poly herbal.

Sungguh suatu yang sangat mengembirakan karena Indonesia adalah salah satu Negara penghasil tanaman herbal terbesar di dunia. Tercatat kurang lebih 30.000 jenis tumbuhan dan sekitar 7.000 di antaranya berkhasiat obat.

Jadi bukankah lebih bijak jika kita sebagai bangsa yg memiliki kekayaan herbal yg begitu melimpah untuk senantiasa melestarikan salah satu warisan leluhur dengan mengenal lebih dalam keanekaragaman jenis tanaman herbal, untuk itu mari kita luangkan waktu beberapa saat untuk belajar lebih dalam tentang jenis dan manfaat tanaman herbal yang ada di sekitar kita maupun di seluruh penjuru Nusantara.

Adapun beberapa tanaman herbal yang akan kita bahas di sini antara lain :

ekor-kucing1

Ekor kucing :

Daun : penutup luka, peluruh air seni.

Nama Lokal :
NAMA DAERAH Indonesia: buntut kucing, ekor kucing, ekor kera. Jawa: tali anjing (Sunda), wunga tambang, lancuran (Jawa), ikut lutung (Bali). Maluku: lofoti (Ternate). NAMA ASING Gou wei hong (C), kattestaart (B), chenille plant, monkey’s tail, cat’s tail (I). NAMA SIMPLISIA Acalyphae hispidae Flos (bunga ekor kucing), Acalyphae hispidae Folium (daun ekor kucing).

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Bunga ekor kucing rasanya manis, kelat, sifatnya sejuk. Bunga ini berkhasiat untuk menghentikan perdarahan (hemostatis) dan peluruh kencing (diuretik). Akar dan daun berkhasiat hemostatis.

Komposisi :
Daun mengandung acalyphin, flavonoida, saponin, dan tanin. Bunga mengandung saponin dan tanin

 

 

Add a Comment