Siloam Hospital Ajak Masyarakat Untuk Peduli Kanker

Surabaya (wartasas.com) – Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di seluruh dunia. Sayangnya, meski ditakuti, kanker juga merupakan salah satu penyebab angka kematian yang terus meningkat di seluruh dunia.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran setiap masyarakat, agar dapat mengatasi penyakit mematikan yang telah merenggut banyak nyawa berharga, Siloam Hospital Surabaya juga menggelar gathering dalam rangka sosialisasi Hari Kanker Sedunia.

Direktur Siloam Hospital, dr Maria M Padmidewi, SpPK mengatakan, bahwa dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kanker Sedunia 2017, Siloam Hospital ingin ambil bagian untuk turut mengedukasi masyarakat tentang kanker.

“Kami berharap, masyarakat semakin peduli dan memahami terhadap deteksi dan pencegahan kanker. Dan bagi yang sudah terdiagnosa jangan putus asa tetap semangat dan terus lakukan teraphi terbaik.” Kata dr. Maria dalam acara Gathering Hari Kanker Sedunia, Minggu, (4/2/17).

Acara gathering dalam rangka menyambut Hari Kanker Sedunia pada Minggu pagi, 4 Pebruari 2017 di Hotel Mercure Surabaya juga menghadirkan nara sumber Dokter spesialis konsultan Hemotologi Onkologi Prof. Dr.dr. Ami Ashariati, SpPD,  Dosen sekaligus Cancer Survivor Ika Damajanti dan Kepala cabang Bank Swasta Titik Indiarti.

Dikesempatan tersebut, Prof. Dr.dr. Ami Ashariati menyampaikan, penyakit kanker dapat dicegah dengan menjaga pola hidup sehat seperti makan makanan yang seimbang gizinya, kualitas tidur yang baik, olahraga dan atur tingkat stress.

“Kunci menghadapi penyakit kanker adalah iklas dan percaya kepada Tuhan. Serta, semangat untuk sembuh. Dan itu perlu dukungan dari orang orang terdekat,” terang Dr. Ami.

“Dan yang paling penting untuk diperhatikan adalah jauhi rokok, jauhi alcohol dan terapkan pola hidup sehat. Karena, mencegah itu lebih bak daripada mengobati,” pungkasnya.

Dosen sekaligus Cancer Survivor Ika Damajanti yang datang bersama keluarga juga turut berbagi pengalamannya ketika dinyatakan terdiagnosa kanker oleh dokter. Namun, karena semangat untuk sembuh sangat tinggi dan dorongan dari suami tercintanya, akhirnya Ika dapat sembuh dan memiliki putra yang tumbuh sehat hingga sekarang.

Serangkaian acara yang digelar Siloam Hosita tersebut digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendeteksi dini kanker. Sebab, semakin cepat kanker terdeteksi dan ditemukan, maskin cepat pengobatan serta penyembuhannya. (Tls)

Add a Comment