Sambut Hari Kanker Sedunia, Masyarakat Surabaya diajak Senam Bersama

Surabaya (wartasas.com) – Kanker menjadi penyebab kematian ketiga tertinggi setelah aids dan kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, setiap tahun pada 4 Februari, seluruh dunia memperingati  World Cander Day/ Hari Kanker Sedunia sebagai bentuk komitmen bersama menghadapi salah satu penyakit mematikan.

Dalam menyambut Hari Kanker se Dunia, Marvel City Mall Surabaya juga turut menyambut dengan berbagai acara yang unik dan menarik.

Acara yang digelar tepat pada Hari Kanker se Dunia, Sabtu, 4 Februari 2017 di pintu masuk Marvel City Mall dihadiri banyak masyarakat dari kota Surabaya.

Tampak turut hadir dalam acara tersebut, Sekdaprov Jatim Dr. H. Akhmad Sukardi, MM, dan Wakil Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Wilayah Jatim dr. Andrian.

Dalam kesempatan tersebut, Sekdaprov Jatim Dr. H. Akhmad Sukardi, MM, mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran atas ancaman berbagai jenis penyakit kanker.

“Kesadaran dan kewaspadaan terhadap kanker ini harus dimulai dari perseorangan, keluaraga dan komunitas dalam masyarakat. Tujuannya menyelamatkan jutaan kematian yang meningkat tiap tahun.” Kata Sekdaprov Jatim dalam sambutan pembukaan Hari Kanker se Dunia di Marvel City Mall, Sabtu, (4/2/17).

“Dengan terus mengkampanyekan dan mengedukasi warga akan ancaman kanker akan sangat membantu bagi masyarakat mengetahui lebih dini,” tambahnya.

Akhmad Sukardi yang juga menjabat Penasehat Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Wilayah Jatim mengatakan bahwa saat ini tercatat sekitar 8,2 juta jiwa meninggal dunia akibat kanker setiap tahunnya dan 4 juta diantaranya menyerang usia produktif.

Saat ini seluruh dunia sudah berkomitmen bersama untuk melakukan gerakan melawan kanker. Dan kanker itu bisa disembuhkan jika mau memahami karakter penyakit tersebut.

“Jika kanker bisa terdeteksi pada stadium dini, diharapkan masyarakat mau berobat dengan cara yang tepat. Sebab, terlambatnya penanganan, akan berakibat fatal,” terang Sekdaprov Jatim.

Peringatan Hari Kanker se Dunia, merupakan kesempatan untuk merefleksikan pikiran, tindakan maupun komitmen dalam gerakan melawan kanker.

Peringatan Hari Kanker se Dunia tidak saja di isi dengan sosialisasi, seperti yang diucapkan Wakil Ketua YKI Wilayah Jatim dr. Andrian. Namun, diisi dengan berbagai kegiatan seperti senam paliatif, talk show tentang deteksi dini dan penanganan kanker payudara dan serviks, pemeriksaan papsmear gratis, tutorial make up class, dan testimoni para survivor kanker. (Tls)

Add a Comment