Kepala BPJS Kesehatan : Hidup Sehat Itu Mudah, Cukup Senam Pagi

Surabaya (wartasas.com) – Guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan mengajak peserta JKN-KIS se-lndonesia yang tergabung dalam Klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) untuk membudayakan pola hidup sehat melalui peningkatan aktivitas fisik dalam acara Gebyar PROLANIS.

Acara Gebyar PROLANIS yang digelar Minggu pagi, 20 Mei 2017 di lapangan SIER Rungkut Surabaya, diikuti oleh ratusan peserta yang tergabung dalam Klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya, Mokhamad Cucu Zakaria yang turut serta mengikuti senam bersama mengatakan, bahwa, dalam kegiatan acara Gebyar PROLANIS ini ingin menyampaikan kepada masyarakat betapa murahnya dari mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat.

“Hidup sehat itu cukup dengan melakukan senam setiap pagi, kita sudah meningkatkan kebugaran dan sistem imun kita sehingga tidak mudah sakit. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat sehari-hari.” Kata Cucu usai mengikuti senam bersama, Minggu, (20/5/17).

“Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan, jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventif untuk menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat,” tambahnya.

Dijelaskan juga oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya, PROLANIS merupakan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif terhadap peserta JKN-Kls yang menderita penyakit kronis seperti Diabetes Mellitus dan Hipertensi, untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Disamping melakukan senam bersama, acara Gebyar PROLANIS ini juga dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan seperti, edukasi kesehatan, pemeriksaan penunjang gratis bagi peserta PROLANIS, Iomba cerdas cermat antar Klub PROLANIS, Best Practice Sharing, serta beragam kegiatan menarik lainnya.

Hingga April 2017, tercatat ada 302.325 peserta PROLANIS Diabetes Mellitus dan 334.979 peserta PROLANIS Hipertensi di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan untuk wilayah Surabaya meliputi139 klub PROLANIS. Sedangkan hingga 20 Mei 2017, peserta PROLANIS yang tercatat di wilayah Surabaya sampai tanggal 20 Mei 2017 adalah peserta Diabetes Mellitus sebanyak 1130 dan Hipertensi sebanyak 1061 peserta.

“Dalam menyediakan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya juga telah bekerja sama dengan 62 Puskesmas, 94 Klinik, 34 Dokter Praktek Perorangan, dan 10 Dokter Gigi Praktek Perorangan,” terang Cucu. (Tls)