Gandeng Ade Rai, BPJS Kesehatan Terapkan Pola Hidup Sehat di Perusahaan

Surabaya (wartasas.com) – BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan yang merupakan program pemerintah tidak saja memiliki tugas menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi seluruh rakyat Indonesia, tapi juga memiliki tanggung jawab untuk mengajak seluruh anggotanya melakukan pola hidup sehat. Seperti, kegiatan sosialisasi kali ini melalui program BPJS Kesehatan Goes To Company.

Sosialisasi BPJS Kesehatan Goes To Company kali ini mengunjungi perusahaan Graha Pena surabaya pada Sabtu, 25 Agustus 2018 dengan menggandeng Binaragawan International sekaligus Brand Ambassador BPJS Kesehatan, Ade Rai.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Mokhamad Cucu Zakaria dalam sambutannya menyampaikan bahwa, tujuan diselenggarakan program BPJS Kesehatan Goes To Company sebagai bentuk rasa terima kasih dan salah satu wujud kepedulian terhadap masyarakat khususnya para anggota BPJS Kesehatan untuk menerapkan pola hidup sehat.

“Seperti prinsip JKN-KIS BPJS Kesehatan Kerja Bersama Sehat Bersama dan dengan bergotong royong semua tertolong dimana peserta yang sehat membantu peserta yang sakit. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan mengunjungi perusahaan untuk mengajak para karyawannya memiliki pola hidup sehat melalui program BPJS Kesehatan Goes To Company,” kata Cucu dalam sambutannya di acara BPJS Kesehatan Goes To Company, Sabtu, (25/08/18).

“Selain di Kota Surabaya, program BPJS Kesehatan Goes To Company ini sudah dilakukan di beberapa kota lainnya di Indonesia dengan tujuan untuk mengajak karyawan hidup sehat,” tambahnya.

Masih kata Cucu, setiap acara BPJS Kesehatan Goes To Company dilaksanakan selalu mendapatkan respon positif dan antusias oleh para peserta. Sama seperti yang terlihat di Graha Pena surabaya, ratusan peserta sekaligus Direktur Utama Graha Pena tampak terlihat antusias dan penuh semangat.

“Karena, dalam program ini peserta mendapatkan informasi ilmu kesehatan. Baik cara berolahraga yang tepat serta pola makan yang sehat. Dan, program ini juga kita terapkan dalam karyawan intern di BPJS Kesehatan,” terang Cucu.

Berdasarkan data terakhir BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, jumlah Peserta JKN-KIS dari segmen PPU Swasta sendiri sudah mencapai 829,598 anggota.

Dalam kesempatan sosialisasi kesehatan, Ade Rai memberikan enam trik olahraga yang mudah dan sehat yang bisa diterapkan dimana saja dan kapan saja serta tidak membutuhkan biaya hanya membutuhkan waktu 6 hingga 10 menit.

“Trik olah raga ini diberikan bagi masyarakat yang memiliki alasan untuk tidak melakukan olahraga dan menerapkan pola hidup sehat. Karena, kita semua tahu untuk menerapkan pola hidup sehat dimasyarakat terutama para pegawai masih menjadi sesuatu yang cukup sulit dilakukan,” tutur Ade.

Enam gerakan sederhana tersebut adalah Pertama Squats, posisi ini seperti posisi duduk di kursi kemudian kursi ditarik hingga berdiri. Gerakan kedua adalah naik turun tangga dengan fokus di kaki kanan dan kaki kiri. Gerakan ketiga Lunges yakni gerakan berdiri jongkok dengan langkah ke depan, yang dilakukan satu persatu atau dengan bergantian, dengan posisi tangan di pinggang. Gerakan keempat adalah gerakan Push-Away di tembok dengan fokus tangan kiri dan tangan kanan pada triceps. Gerakan kelima adalah Plank/push up hybrid, di mana gerakannya seperti push up, namun tangan ditekuk ke depan, bukan tangan memegang tanah. Gerakan terakhir adalah gerakan Sit Up.

Ade Rai juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera mendaftar sebagai peserta JKN-KIS  sebelum sakit. Serta, melakukan olahraga dan pola hidup sehat. Karena, pola hidup sehat itu tidak harus menunggu momen yang tepat.

Maria (27) warga Ngagel yang juga salah satu peserta BPJS Kesehatan Goes To Company mengaku senang bisa mendapatkan ilmu kesehatan yang bermanfaat dari Brand Ambassador BPJS Kesehatan, Ade Rai.

“Ternyata hidup sehat itu mudah. Dan, olahraga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja cukup menyisihkan waktu 6 menit. Serta, momok kegemukan yang katanya karena akibat seringnya makan malam ternyata salah,” urai Maria sambil tersenyum. (Tls)