Demi Kesejahteraan Bersama, BPJS Kesehatan Gandeng Kejari Surabaya

Surabaya (wartasas.com) – Bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, guna mewujudkan optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsinya, BPJS Kesehatan KCU Surabaya memperkokoh jalinan tersebut dengan menggelar Penandatanganan Kesepakatan Bersama.

Acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama yang digelar Kamis, 6 April 2017 di Kantor Kejari Surabaya, dihadiri langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan KCU Surabaya Mokhammad Cucu Zakaria dan Kepala Kejari Surabaya, Didik Farkhan A,SH.MH.

Tampak turut hadir menyaksikan, Kasi Datun Jonatan Markus, SH.MH, Komisi Kejaksaan Soemarno SH.MH dan Asisten Pengawasan Nikolaus Kondomo SH.MH.

Kepala BPJS Kesehatan KCU Surabaya, Mokhammad Cucu Zakaria, usai penandatanganan dihadapan awak media menyampaikan, bahwa tujuan dari kerjasama ini adalah untuk meningkatkan efektifitas penanganan masalah hukum dalam Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara baik di dalam maupun di luar pengadilan.

”Memasuki tahun 2017, salah satu hal penting yang menjadi fokus dari BPJS Kesehatan adalah penegakan hukum. Saat ini program Jaminan Kesehatan Nasional telah berjalan lebih dari 3 (tiga) tahun.” Ucap Cucu usai Penandatangan Kesepakatan Bersama, Kamis, (6/4/17).

Dijelaskan Cucu, kewajiban bagi Pemberi Kerja untuk mendaftarkan dirinya dan seluruh pekerjanya serta memberikan data yang benar.

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pemberi kerja memiliki 3 (tiga) kewajiban terkait kepatuhan terhadap regulasi jaminan sosial nasional yaitu, wajib mendaftarkan dirinya dan seluruh pekerjanya, wajib memberikan data yang benar termasuk data gaji dan keluarga karyawan, serta wajib membayar iuran sesuai proporsi pekerja dan pemberi kerja.

“Tidak ada alasan lagi, jika ada perusahaan yang belum patuh dengan regulasi, kami akan bertindak tegas dengan melibatkan pihak Kejaksaan,” ujarnya dengan tegas.

“Mengapa sifatnya wajib, agar pemerintah dapat memastikan seluruh rakyatnya telah mendapatkan jaminan kesehatan yang paripurna. Kami berharap dengan sosialisasi yang telah kami lakukan, perusahaan dapat secara sadar memenuhi apa yang menjadi kewajibannya,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan KCU Surabaya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Kejari Surabaya, Didik Farkhan A,SH.MH, juga menambahkan, bahwa pihak Kejari Surabaya sangat mendukung apa yang dilakukan oleh pihak BPJS Kesehatan, karena apa yang diupayakan selama ini demi kepentingan masyarakat luas.

“Diharapkan kerjasama ini mampu meningkatkan efektivitas penyelesaian masalah hukum di bidang perdata dan tata usaha, baik di dalam maupun luar pengadilan, sehingga BPJS Kesehatan dapat menjadi lembaga yang memiliki reputasi clean governance,” terang Didik.

Diakui oleh pihak BPJS Kesehatan, bahwa selama ini BPJS Kesehatan lebih mengedepankan pendekatan persuasif. JKN-KlS adalah program gotong royong, yang manfaatnya sangat besar bagi peningkatan kesehatan dan kesejahteraan rakyat. (Tls)