Ciptakan Relaksasi Bagi Ibu Hamil, RSI A Yani Adakan Kelas Yoga Prenatal

Surabaya (wartasas.com) – Melakukan berbagai gerakan olahraga atau aktifitas saat hamil justru sangat dibutuhkan untuk memperlancar sirkulasi darah dan memudahkan proses persalinan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar aktifitas dan olahraga tersebut tidak malah membuat orang yang sedang hamil mengalami gangguan seperti nyeri punggung.

Hal ini pula yang mendasari Rumah Sakit Islam (RSI) Surabaya yang berada di Jalan A. Yani Surabaya membentuk komunitas Yoga Prenatal atau Yoga Hamil dengan tujuan menciptakan relaksasi saat akan menjalani persiapan persalinan calon bayi.

Seperti yang disampaikan oleh Instruktur Yoga Prenatal RSI Surabaya sekaligus Dosen Unusa, Iis Noventi, S. Kep., bahwa, Yoga Prenata ibu ibu hamil ini merupakan kegiatan rutin setiap hari sabtu yang digagas oleh RSI Surabaya A Yani yang sudah dilakukan sejak November 2018.

“Yoga Prenata ini merupakan salah satu program Pendidikan Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit (PKMRS) atau bisa dibilang CSR RSI A Yani karena tidak dipungut biaya sama sekali. Dengan tujuan mengajak ibu ibu hamil agar tidak was was dan khawatir untuk melakukan aktifitas,” kata Noventi saat dijumpai usai melatih Yoga Prenatal, Sabtu, (02/03/19).

“Prenatal yoga atau yoga hamil adalah jenis yoga yang memang khusus didesain untuk masa kehamilan. Jenis yoga ini bisa membantu calon ibu secara fisik dan mental. Bagi yang sedang hamil, rutin berlatih jenis yoga ini agar merasa lebih kuat, tetap aktif selama kehamilan, dan bermanfaat bagi jabang bayi,” tambahnya.

Masih menurut Dosen Unusa ini, pentingnya mengikuti yoga Prenatal bagi ibu ibu hamil karena Selama kehamilan, tubuh mengalami banyak perubahan, yang membuat stres pada ibu hamil secara mental dan fisik. Dan, dengan yoga prenatal  ini adalah cara tepat untuk mempertahankan pikiran dan tubuh yang sehat. Sedangkan, waktu yang paling tepat untuk melakukan yoga adalah saat trimester ketiga atau saat janin sudah berumur 7 bulan ke atas. 

Banyak manfaat yang dapat diperoleh ibu ibu hamil dengan mengikuti yoga Prenatal seperti, Peningkatan tidur, Mengurangi stress, Meningkatnya kekuatan, fleksibilitas dan daya tahan tubuh, Turunkan nyeri punggung bagian bawah, Penurunan mual, Mengurangi risiko persalinan premature dan Menurunkan risiko pembatasan pertumbuhan intrauterine (kondisi yang memperlambat pertumbuhan bayi).

“Sebelum melakukan Yoga Prenatal kami selalu melakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu. Apakah ibu hamil tersebut memiliki penyakit seperti darah tinggi atau rendah, asam urat dan sebagainya. Karena, ini juga mempengaruhi tata cara yoga nantinya,” terangnya.

Dalam kelas yoga, RSI A Yani tidak hanya mengajarkan yoga tapi juga memberikan edukasi kesehatan dan tanya jawab. Sehingga, bisa memberikan solusi dan menambah pengetahuan terkait kehamilan.

Salsabila Rizkillah (23) ibu muda warga gayungan Surabaya yang juga mengikuti yoga Prenatal mengaku senang dan terbantu dengan adanya kelas yoga ini. Pasalnya, sebagai calon ibu baru dirinya selalu was was dan khawatir terkait kehamilannya yang terkadang membuat dirinya depresi. Karena, dirinya mengaku belum tahu bagaimana dan apa yang harus dilakukan saat masa kehamilan.

“Dengan mengikuti kelas yoga ini saya tidak saja semakin sehat secara rohani dan jasmani tapi juga lebih memahami dan mengetahui apa yang harus saya lakukan selama kehamilan. Sehingga, saya tidak lagi was was dan khawatir,” ungkap Salsa sambil bersyukur.

“Dan yang terpenting di kelas yoga ini saya banyak teman yang bisa berbagi cerita dari kehamilan hingga persalinan. Apalagi ada ibu ibu hamil yang sudah memiliki pengalaman.Jadi enak untuk sharingnya,” imbuhnya. (Tls)