Jenderal Moeldoko: Mahasiswa Harus Miliki Jiwa Inovatif dan Kompetitif

Surabaya (wartasas.com) – Sebagai generasi muda Mahasiswa Baru (Maba) harus mampu memainkan peran penting dalam persaingan global. Oleh karena itu, mahasiswa harus memiliki jiwa inovatif dan kompetitif.

Hal tersebut disampaikan secara tegas oleh Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia Jenderal TNI Dr. H. Moeldoko, S.I.P. dalam kegiatan acara penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Airlangga (Unair) 2019 pada Jumat, 09 Agustus 2019 di Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C UNAIR.

Dihadapan 6892 Maba Unair, purnawirawan Panglima TNI itu memberikan kuliah umum dengan tema  “Menjadi Pemenang pada Era Revolusi Industri”. Tidak lupa, sebelum memberikan paparan, Moeldoko juga memotivasi mahasiswa untuk bersiap menjadi pemimpin yang sigap menyambut Indonesia emas 2045.

“Jika hari ini kalian sudah berumur 18 tahun. Maka, pada saat 2045 Indonesia emas akan ada di tangan kalian semua,” ucap Moeldoko.

Pada awal paparan, Moeldoko menegaskan bahwa tantangan sama dengan peluang. Ke depan, lanjutnya, dalam risiko utama pasar finansial pada tahun 2045 akab banyak baru yang terjadi. Seperti tarnsaksi beli properti yang diganti dengan sewa, mobil listrik akan mematikan BBM, negara penghasil minyak akan krisis, robot menggantikan fungsi manusia, dan hilangnya bank fisik.

Tidak hanya itu, lebih lanjut, Moeldoko juga mengatakan bahwa tantangan lain yang kini juga sedang dihadapi bersama adalah tantangan Ideologi yang ditandai dengan masuknya paham intoleran dan radikalisme. Dalam sudut pandang tantangan politik, jelasnya, perkembangan kondisi geopolitik dunia yang berubah akan memberikan dampak yang besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Untuk itu, pemerintah terus berbenah menyambut dan menghadapi hal itu dengan fokus dan meletakkan fondasi pembangunan infrastruktur, percepatan pembangunan infrastruktur, dan pemerataan akses layanan dasar. Dan ke depan pemerintah akan mempercepat pembangunan SDM,” terangnya.

Moeldoko juga berpesan pada para Maba bahwa negara-negara di dunia sedang berkompetisi dengan luar biasa. Untuk itu, tandasnya, sebagai generasi muda mahasiswa baru diminta harus mampu memainkan peran penting dalam persaingan global. (Tls)