Jelang Mudik 2018, Alumni ITS Kampanyekan Keselamatan Lewat Gowes Bareng

Surabaya (wartasas.com) – Jelang mudik lebaran 2018, ada cara unik yang dilakukan oleh Ikatan Alumni Elektro ITS Cycling Club (IKA ELITS CC) untuk menekan terjadinya angka kecelakaan bagi para pengendara saat melakukan mudik.

Bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, IKA ELITS CC RI melakukan kampanye keselamatan berkendara dalam bentuk touring bersepeda dari Jakarta – Surabaya dengan tema Zero Accident Ride.

Para peserta touring yang terdiri dari 50 pesepeda IKA ELITS CC, dilepas langsung oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi pada 29 April lalu di Jakarta telah mencapai finis di kampus Departemen Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, pada Jumat petang, 04 Mei 2018.

ITS yang turut penuh mendukung kegiatan IKA ELITS CC dengan Kemenhub tersebut, dipilih sebagai garis finis dalam kegiatan kampanye keselamatan mudik Lebaran yang ditempuh sejauh 940 kilo meter dengan enam titik etape (pos pemberhentian). Keenam etape tersebut adalah Jakarta, Cirebon, Semarang, Solo, Nganjuk dan Surabaya.

kedatangan rombongan touring disambut langsung oleh Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD. Selanjutnya, rektor turut menyusul bersepeda bergabung dengan rombongan touring hingga finis di Departemen Teknik Elektro.

Menhub Budi Karya Sumadi mengaku sangat mengapresiasi ITS yang telah menginisiasi kegiatan ini, Melalui kegiatan ini, Menhub mengharapkan mudik lebaran tahun 2018 lebih indah dari tahun sebelumnya.

Touring yang telah menempuh jarak Jakarta – Surabaya ini juga telah melewati serangkaian acara di perjalanannya. Di setiap pos pemberhentian, Kemenhub beserta IKA ELITS CC melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait safety driving, informasi ruas jalan tol baru, dan tata cara berkendara aman di jalan tol. Tujuan utama dilakukannya sosialisasi tersebut adalah untuk meminimalisasi angka kecelakaan saat mudik Lebaran 2018 nanti.

Sementara itu, Joni Hermana dalam sambutannya mengatakan, Teknik Elektro merupakan salah satu departemen yang paling aktif melakukan kegiatan social.

“Ini merupakan sebuah bentuk kerjasama yang sangat baik antara ITS dengan Kemenhub. Semoga apa yang sudah disosialisasikan menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat Indonesia,” terang Joni.

Tak lupa juga apresiasi diberikan oleh IKA ELITS CC dan Kemenhub kepada pelopor sepeda lokal yang mendedikasikan hari-hari mereka dengan berangkat kerja sambil bersepeda dan menginisiasi gerakan bersepeda.

Penghargaan juga diberikan kepada para peserta yang berhasil menempuh penuh rute Jakarta – Surabaya dalam kegiatan Zero Accident Ride. Terakhir, bantuan sosial juga diberikan oleh IKA ELITS CC kepada dua Panti Asuhan di Surabaya, yakni Panti Asuhan Muhammadiyah Pakis dan Panti Asuhan Hikmatul Aya. (Tls)